, , ,

3 Manfaat Software CRM Indonesia untuk Perbankan Indonesia

software-crm-indonesia

Software CRM Indonesia – Di era globalisasi seperti saat ini perusahaan harus siap bersaing dengan ketat.  Banyaknya kompetitor membuat pebisnis harus tahu bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Tanpa pelanggan yang loyal perusahaan tidak akan bisa berkembang seperti yang diharapkan. Bisa dikatakan bahwa pelanggan adalah jantungnya bisnis, jumlah pelanggan yang semakin berkurang akan membuat detak bisnis melambat bahkan terhenti sama sekali.

Sayangnya masih sedikit pebisnis yang mengetahui bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan tersebut dimana cara yang salah justru membuat mereka tidak nyaman dan beralih ke pihak kompetitor. Pebisnis tidak boleh meremehkan hal tersebut karena pelanggan yang berpindah bisa mengindikasikan ada sesuatu yang salah dengan bisnis yang dijalankannya  Untungnya di era digital seperti saat ini pebisnis bisa terbantu dengan software yang bisa digunakan untuk menjaga dan memelihara hubungan dengan pelanggan. Software tersebut adalah CRM.

CRM dan Perbankan Indonesia

Bisa dikatakan bahwa CRM ini bisa di aplikasikan dalam berbagai sektor salah satunya adalah perbankan Indonesia. Mengimplementasikan CRM atau Customer Relationship Management untuk bisnis khususnya perbankan ini penting. Teknologi alih peran dari CRM tradisional ke aplikasi CRM ini akan semakin memudahkan bank untuk bisa melakukan pengelolaan data nasabah. Tidak mengherankan jika saat ini banyak bank yang kemudian beralih menggunakan software CRM Indonesia. Ada beberapa manfaat yang akan bisa didapatkan jika bank menggunakan software CRM seperti berikut ini:

  1. Layanan nasabah

Persaingan dan juga regulasi yang semakin ketat membuat bank sulit dalam menunjukkan kekuatannya di pasar. Namun berkat implementasi dan penggunaan aplikasi CRM bisa memberikan akses kepada perbankan untuk proaktif terhadap teknologi yang bisa membantu operasional menjadi lebih baik lagi. Bank yang menggunakan CRM mampu memperbaiki retensi nasabah dengan menggunakan feedback nasabah. CRM ini juga mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dengan cara mengumpulkan data dari proses pendaftaran, transaksi, dan juga feedback.

  1. Customer Service

Customer service membutuhkan aplikasi CRM dalam memudahkan dalam mengenal nasabah melalui panggilan. Selain itu aplikasi CRM ini juga bisa dimanfaatkan oleh customer service dalam berbagai keperluan.  CRM bisa dijadikan sebagai pelacak panggilan yang telah dilakukan nasabah untuk bisa menemukan solusi dari berbagai masalah yang dihadapi oleh nasabah tersebut. Selain itu menjadi sarana resolusi penanganan masalah nasabah yang tepat. CRM akan bekerja dengan melihat metrik waktu berdasarkan data dalam aplikasi, berapa lama customer service bisa menyelesaikan masalah nasabah, rata-rata waktu yang digunakan, penilaian nasabah terhadap layanan dan masih banyak lagi lainnya. Kesemuanya itu menjadi peningkat kualitas layanan dan bisa mendukung retensi pembelian nasabah.

  1. Penjualan

Manfaat software CRM Indonesia yang terakhir adalah penjualan. Seperti yang sudah diketahui bahwa banyak sekali produk yang ditawarkan oleh perbankan Indonesia. Bank satu dan lainnya bersaing untuk mendapatkan aspirasi masyarakat lebih banyak. Berkat mengimplementasikan CRM ini penjualan produk bank akan menjadi lebih baik lagi. Perbankan akan bisa memikirkan tentang bagaimana strategi marketing berbasis data internal berkualitas dan tersimpan di dalam CRM. Dengan aplikasi CRM pun teller maupun staff administrasi akan bisa melayani pendaftaran nasabah baru dan mudah untuk menawarkan produk yang bank miliki terhadap nasabah tersebut. Selain menawarkan layanan staff juga bisa dengan mudah menjelaskan produk dan manfaatnya kepada nasabah. Cross-selling bisa mudah tercapai ketika perusahaan memiliki data yang akurat.

Bank tanpa loyalitas nasabah akan membuat operasional tidak bisa berjalan seperti harapan. Mengingat persaingan bank saat ini ketat maka akan sangat disayangkan sekali jika belum menggunakan dan mengimplementasikan software CRM Indonesia tersebut, dikhawatirkan performa dan pelayanan bank tidak maksimal berbeda dengan yang sudah menggunakan aplikasi CRM.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *