,

Sebelum Memperbaikinya, Yuk Mengenal Penyebab Kerusakan Pada Wireless Mic

wireless mic

Shure wireless mic terpilih menjadi salah satu produk unggulan yang ramai diperbincangkan. Bukan hanya karena hasil output audionya yang mantap semata, namun body mic hingga penambahan fitur canggihnya dianggap sebagai daya tarik tersendiri. Walaupun sudah tidak mengandalkan kabel, namun bukan berarti micrphone canggih satu ini terhindari dari resiko kerusakan. Berikut beberapa kerusakan yang kerap terjadi pada microphone wireless.

Penyebab Microphone Wireless Mengalami Kerusakan

wireless mic

1. Kerusakan pada Transmitter dan Receiver

Perlu Anda ketahui bahwa microphone wireless, akan sangat bergantung dengan sinyal radio sebagai sarana menyalurkan sinyal audio menuju perangkat audionya. Sedangkan di bagian dalam microphone sendiri masih akan dibagi menjadi dua bagian yang bernama transmitter dan receiver. Dari kedua bagian tersebut, kita dapat mengetahui bahwa mic canggih satu ini menggunakan saluran radio berupa band UHF dan band VHF.

Kedua sinyal itulah yang nantinya kana membawa sinyal menuju radio pemancarnya. Bayangkan ketika bagian sinyal tersebut mengalami kerusakan ? Ketika kondisi tersebut terjadi, kemungkinan indra pendengaran akan menangkap noise walaupun dengan frekuensi kecil atau bahkan tidak terdengar bunyi sedikitpun. Kerusakan ini terjadi akibat koneksi frekuensi yang menghubungkan antara transmitter dan receiver kemungkinan mengalami kerusakan.

 

2. Transmitter tidak Dapat Bekerja Optimal

Namun jangan cepat mengambil kesimpulan, sebab ada kemungkinan lain yang membuat Shure wireless mic mengalami kerusakan. Untuk melakukan pemeriksaan lebih mendetail, silahkan cek pada sinyal radionya kembali. Apabila sinyal radionya berhasil terkoneksi, otomatis lampu indikatornya akan menyala. Bagaimana jika sebaliknya ? Kemungkinan besar adanya kerusakan pada transmitter microphone yang membuatnya tidak dapat bekerja optimal.

Perlu diingatkan kembali bahwa jangan terlalu cepat menyimpulkan sesuatu. Walaupun telah ditemukan salah satu faktor mengapa mic tidak dapat bekerja optimal seperti biasa, namun perlu diketahui bahwa tidak semudah itu untuk mengetahui kerusakan yang dialami oleh perangkat canggih tersebut. Sebab Anda harus memiliki pengetahuan dasar mengenai perangkat tersebut dan dibantu oleh peralatan khusus.

Peralatan khusus untuk memperbaiki microphone wireless seperti Oscilloscope dan Frequency Counter. Kedua alat ini akan membantu Anda melakukan pemeriksaan pada mic wireless yang diklaim mengalami kerusakan dengan cepat dan mudah. Mampu mendeteksi kerusakan pada bagian transmitter dan receivernya, alhasil Anda mengetahui betul dimana letak kerusakan.

 

3. Kerusakan Akibat Interfensi Frekuensi

Kerusakan lainnya yang kerap ditemukan yaitu Shure wireless mic yang tidak mengeluarkan suara akibat adanya interfensi frekuensi ataupun channel pada bagian transmiter dan receivernya kurang tepat. Alhasil microphone satu ini pun tidak mampu mengeluarkan audio seperti biasanya, namun beruntungnya kondisi tersebut tidak terlalu parah sehingga masih bisa diperbaiki agar bisa digunakan seperti semula.

Siapa yang tidak kesal ketika mendapati microphone canggih kesayangan mengalami kerusakan ? Tidak perlu terburu buru membawanya ke tempat servis, namun disarakan untuk mengetahui penyebab micrphone rusak terlebih dahulu. Beruntungnya produk microphone wireless tawaran Goshen Swara Indonesia ini telah dibuat menggunakan bahan berkualitas tinggi, sehingga kerusakan pun tidak akan terlalu parah. Butuh produk audio sound system lainnya? Goshen Swara Indonesia solusinya