, ,

Apa yang Membedakan Pembayaran Virtual Account dengan Transfer Bank? Ini dia Perbedaannya

Apa yang Membedakan Pembayaran Virtual Account dengan Transfer Bank? Ini dia Perbedaannya

Pembayaran dengan virtual account adalah suatu metode pembayaran yang menggunakan rekening virtual. Rekening virtual ini berisikan kombinasi angka yang unik dan berbeda-beda untuk setiap transaksinya. Lalu, apa yang membedakan pembayaran virtual account dengan pembayaran melalui transfer bank biasanya?

Perbedaan Pembayaran dengan Virtual Account dan Transfer bank

1. Pengguna atau Nasabah

Rekening virtual haya diterbitak untuk pengguna atau nasabah yang memiliki rekening bisnis oleh bank. Pemilik rekening bisnis ini biasanya adalah perusahaan, organisasi, maupun pemilik usaha. Sedangkan konsumen hanya dapat menggunakan virtual account yang diberikan oleh suatu perusahaan atau pemilik bisnis dalam suatu transaksi.

Tagihan yang dimunculkan saat pembayaran virtual account hanya dapat dibayarkan oleh konsumen dengan menggunakan rekening bank atau dengan dompet digital (e-wallet). Sedangkan, transfer bank biasa dapat digunakan oleh nasabah atau pengguna selama pengguna tersebut memiliki rekening pada suatu bank.

2. Nomor Rekening yang Digunakan

Perbedaan selanjutnya adalah pada nomor rekening. Nomor rekening virtual account bersifat sementara. Nomor virtual account biasanya memiliki nomor identifikasi yang membedakan setiap pelanggan dan penggunanya sehingga dapat berubah dalam setiap transaksi.

Sedangkan, nomor rekening biasa adalah sebaliknya. Jika nomor virtual account selalu berbeda untuk setiap transaksi, maka rekening transfer bank tidak. Rekening untuk transfer bank bersifat tetap untuk setiap transaksi dan tidak dapat berubah. Hal ini dikarenakan rekening biasa telah ditentukan oleh pihak bank sejak awal pembukaan rekening.

3. Biaya Setiap Transaksi

Perbedaan pembayaran menggunakan virtual account dengan transfer bank yang ketiga adalah dalam segi biaya transaksi. Transaksi yang menggunakan virtual account biasanya tidak dikenakan biaya tambahan apapun. Sehingga, pembeli hanya perlu membayarkan sesuai dengan nominal yang ditagihkan.

Sedangkan, berbeda dengan pembayaran menggunakan virtual account, transfer bank biasanya akan dikenakan biaya tambahan. Biaya tambahan ini akan ditambahkan pada pelanggan jika bank penjual dan bank pembeli tidak sama. Maka, pembeli harus menambahkan biaya tambahan tersebut saat melakukan pembayaran.

4. Proses Konfirmasi Transaksi

Perbedaan keempat adalah proses konfirmasi dalam setiap transaksi. Dengan metode pembayaran virtual account, pembeli tidak perlu memeriksa serta melakukan konfirmasi saat akan menyelesaikan sebuah transaksi. Metode pembayaran menggunakan virtual account dapat mengenali transaksi sesuai dengan tagihan yang harus dibayarkan oleh pelanggan.

Berbeda dengan pembayaran menggunakan virtual account, pembayaran dengan menggunakan transfer bank manual biasanya memerlukan konfirmasi antara penjual dan pembeli. Salah satu contohnya adalah dengan mengirimkan suatu bukti transfer. Bukti ini bisa dalam bentuk foto bukti transfer atau tangkapan layar ke pihak penjual.

Itulah perbedaan antara pembayaran dengan transfer bank manual dan pembayaran menggunakan virtual account. Memiliki opsi pembayaran dengan rekening virtual tentu akan menguntungkan untuk usaha Anda karena pelanggan akan menjadi terbantu. Duitku dapat membantu Anda menyediakan metode pembayaran virtual account untuk bisnis Anda.