,

Mengapa Layanan Fintech di Indonesia Begitu Penting ?

mengapa fintech indonesia penting

Keperluan dalam pelayanan keuangan sekarang semakin berkembang seiring berkembangnya waktu. Kini perusahaan-perusahaan fintech di Indonesia berlomba-lomba untuk mengeluarkan dompet digital yang tujuannya membuat cashless generation  atau generasi tanpa uang tunai. Pembayaran di mana saja dapat dilakukan melalui ponsel. Anda tinggal mengisi dompet digital anda selayaknya mengisi pulsa dan saldo di dalam dompet digital tersebut dapat digunakan di berbagai gerai mulai dari makanan hingga kebutuhan tersier. Keberadaan dompet digital tersebut perlahan menggeser keberadaan kartu kredit, ditambah dengan fintech yang memang ingin menggantikan posisi kartu kredit. Regulasi fintech juga semakin bertambah sehingga penggunaan pelayanan keuangan digital ini dapat dikatakan sudah aman, meski banyak orang yang mencoba mengakali untuk menjebol saldo milik orang lain demi kepentingan pribadi. Namun, di luar itu semua keberadaan fintech sangat membantu kehidupan sehari-hari baik dari pelaku bisnis maupun konsumen.

Memudahkan Pelayanan Keuangan

Selama ini pelayanan keuangan baik dari negara maupun swasta cukup memakan waktu dan membutuhkan tenaga yang lumayan besar. Sejak populernya layanan keuangan digital alias fintech ini, urusan keuangan yang berbelit-belit menjadi tidak efektif lagi. Semua orang dapat mengakses kemudahan yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan fintech tersebut. Mulai dari penggalangan dana untuk bencana hingga pembayaran belanja di toko-toko fisik sekarang sudah dapat dilakukan dari ponsel saja.

Menguntungkan Negara

Bagi negara, layanan fintech Indonesia membantu perputaran uang negara menjadi lebih cepat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dengan berkembangnya pengguna fintech di Indonesia, maka perekonomian lebih merata dan maju lebih cepat. Indonesia memiliki pengguna fintech terbanyak bersaing dengan negara Cina dan Brazil. Dengan kata lain, dengan semakin banyaknya perusahaan dan pengguna fintech, maka baik pendana maupun pengguna membantu negara ini bersaing di kancah internasional dalam bidang ekonomi.

Pentingnya keberadaan fintech dalam membangun negara dan perekonomian ini juga turut serta membuat lapangan pekerjaan. Semakin banyak perusahaan startup yang baru dan membutuhkan karyawan sehingga permintaan pekerja menjadi lebih banyak. Kesempatan untuk bekerja lebih luas dan banyak pengalaman baru yang akan didapat mengingat fintech ini merupakan bidang baru, jadi karyawan dapat lebih bereksplorasi dalam bidangnya.

Fintech Indonesia dapat menjadikan negara ini menjadi negara yang melek ekonomi dan kebutuhan ekonomi penduduknya merata sebab cakupan pelayanan keuangan sekarang menjadi lebih luas, tidak terbatas ruang dan waktu. Cukup dengan koneksi internet, maka kegiatan fintech ini dapat dilaksanakan. Di tahun-tahun ke depan, diharapkan pendanaan yang mengalir di Indonesia akan lebih banyak dan lebih merata sehingga dapat menaikkan kualitas ekonomi bangsa. Akan dapat lebih banyak manfaat apabila fintech di Indonesia dikelola dengan baik dan penggunanya teredukasi sehingga tidak terjadi kejahatan.

Baca Juga : Cara Kerja Perusahaan Fintech di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *