,

Panduan Menggunakan Mesin Jahit Portable

panduan menggunakan mesin jahit portable

 

Tidak seperti dulu, saat ini kegiatan jahit-menjahit memang memang telah digemari banyak orang. Tidak hanya orang tua, bahkan banyak di antara kawula muda yang menjadikan menjahit sebagai pilihan hobinya. Bisa saja hal ini disebabkan karena banyaknya video-video kreatif mengenai tutorial menjahit yang beredar luas di internet. Belum lagi kesempatan untuk mengeluarkan ide kreatif melalui jahitan cantik yang dihasilkan nanti. Dengan menggunakan mesin jahit yang tepat, maka tentu saja hasil jahitan yang Anda peroleh juga akan bagus. Hanya saja, sebagian besar orang masih kebingungan mengenai cara menggunakan mesin jahit portable, apa Anda salah satunya? Yuk, coba simak panduan menggunakan mesin jahit portable yang berhasil kami rangkum berikut ini:

  • Pertama, potong kain yang Anda sediakan sesuai pola yang telah Anda buat sebelumnya. Pastikan Anda memotongnya dengan rapi sehingga mudah saat proses menjahit dilakukan nanti. Jika Anda masih kesulitan membuat pola jahitan, maka cobalah untuk memotong kain dalam bentuk persegi terlebih dahulu maupun persegi panjang yang memang termasuk pola mudah dan cocok untuk dipelajari.

 

  • Selanjutnya potongan kain diletakkan di bagian bawah tangkai mesin jahit portable dan kemudian Anda bisa menurunkan bagian tangkainya sehingga kain bisa terjepit dengan baik ke alas mesin jahit. Langkah penting ini sangat berguna untuk mengamankan posisi kain sehingga tidak lari atau tergelincir saat proses menjahit. Tentu saja Anda bisa mendapatkan hasil jahitan yang rapi, lurus dan sesuai apa yang Anda inginkan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Portable

 

  • Kemudian pastikan Anda menyalakan mesin jahit dan mulailah menjahit kain tersebut secara perlahan. Selain itu, akan jauh lebih mudah jika Anda menjahit kain yang telah dibuat pola sebelumnya. Anda hanya perlu mengikuti pola yang telah Anda buat sehingga bisa menjahit apa yang Anda perlukan dengan lebih mudah. Misalnya  pakaian, dengan membuat pola dan menjahit sesuai pola maka Anda bisa mendapatkan pakaian dengan bentuk dan ukuran yang sesuai. Untuk Anda yang masih pemula, maka tidak ada salahnya untuk menjiplak pola yang telah jadi. Itulah cara menggunakan mesin jahit portable yang tepat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga : Cara Kerja Mesin Jahir Border