, ,

Keunggulan dan Kekurangan Mesin Jahit Rumah Portable

kelebihan kekurangan mesin jahit portable

 

Mesin jahit portable kini banyak digunakan oleh kalangan penjahit. Hal ini dikarenakan ukuran yang dimiliki oleh mesin jahit rumah ini tidak begitu besar. Selain tampilan yang menarik, fungsi mesin ini juga bisa dikatakan lengkap. Apa saja keunggulan dan kekurangan mesin jahit portable?

  1. Keunggulan Mesin Jahit Portable

  • Mesin jahit portable hadir dengan beragam variasi pola jahitan sehingga memudahkan penggunanya saat menjahit. Pola jahitan yang dimiliki yakni 7 hingga 8 pola dimana pengguna dapat mengkombinasikan pola-pola tersebut saat menjahit.
  • Mesin jahit ini berukuran sedang dan gampang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Pengoperasiannya juga tergolong mudah bagi pemula. Jadi, sangat disarankan bagi yang baru mulai masuk ke dunia jahit menjahit untuk menggunakan mesin jahit portable ini.
  • Desain dan tampilan dari mesin ini juga menarik dan modern, berbeda dengan mesin jahit manual yang terkesan kuno.

 

  1. Kekurangan Mesin Jahit Portable

  • Body mesin jahit jenis ini tidak seluruhnya terbuat dari rangka besi, hal inilah yang mengakibatkan mesin ini rentan terhadap benturan. Itu artinya mesin ini harus dijaga dengan baik dan harus dilakukan perawatan lebih intens.
  • Mesin jahit portable digerakkan oleh aliran listrik dalam pengoperasiaannya. Oleh karena itu, mesin jahit rumah ini sangat bergantung pada listrik, sehingga jika listrik sedang padam tidak dapat digunakan.
  • Ukuran mesin dan bahan body mesin juga tidak dapat digunakan untuk menjahit beberapa jenis kain, terutama kain dengan tekstur dan karakteristik tertentu. Kain yang bersifat stretch misalnya.
  • Jika tidak berhati-hati dalam merawat mesin jahit ini, akan berbahaya saat Anda menggunakannya. Karena hal ini berurusan dengan listrik, dan listrik bukan sesuatu yang bisa dianggap sepele.

Terlepas dari semua yang telah penulis uraikan di atas, sebaiknya pilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika dinilai secara keseluruhan, mesin jahit rumah portable merupakan pilihan tepat. Sebelum membeli, ada baiknya untuk melakukan pengecekan produk terlebih dahulu. Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Panduan Menggunakan Mesin Jahit Portable