,

Cara Kerja Mesin Jahit Bordir

mesin jahit bordir

Pada awalnya bordir adalah sebuah kerajinan yang cara mengerjakannya masih sangat tradisional dan manual dengan menggunakan tangan manusia. Namun semakin berkembangnya teknologi membuat banyak penemuan baru yang akhirnya mampu menciptakan sebuah mesin jahit bordir dengan kinerjanya yang memanfaatkan teknologi komputerisasi yang kini dikenal sebagai mesin bordir komputer.

 

Sekilas Mengenai Mesin Jahit Bordir Komputer

Bordir adalah gambaran dan tulisan  yang dibuat menggunakan benang pada sebuah media baik kain, kaos, topi dan yang lainnya. Dengan tujuan agar mempercantik penampilan media yang tengah dibordir tersebut. Sebelum mesin jahit bordir komputer diciptakan pengerjaan ini menggunakan cara manual dengan menggunakan kreativitas dari tangan cepat pengrajin bordir.

 

Untuk bordir yang menggunakan cara manual tentu terdapat kelebihan dan kekurangan pula. Kelebihannya ialah harga lebih terjangkau dibandingkan dengan yang menggunakan mesin bordir komputer karena dikenakan biaya punching. Namun bordir ini mempunyai kelemahan yaitu antara bordir satu dan yang lainnya tidak akan sama serta pengerjaannya yang masih membutuhkan waktu lama jika harus ratusan bahkan ribuan media yang digunakan.

 

Mesin bordir komputerisasi ini mempunyai 1, 6, 12, 15 dan 20 kepala. Artinya dari jumlah kepala yang dimaksud adalah dalam sekali pengerjaan mesin bordir akan mampu menyelesaikan jumlah bordiran yang sama sesuai dengan jumlah kepala yang digunakan. Jadi sesuai kebutuhan dalam menggunakan jumlah kepala ini.

 

Cara Kerja Mesin Jahit Bordir Komputer

 

Cara kerja mesin bordir yang menggunakan teknologi komputerisasi berikut ini adalah

  1. Siapkan sumber gambar baik dalam bentuk file gambar yang berasal dari corel, photoshop maupun yang lainnya. Jika gambar yang digunakan merupakan hasil cetakan yang telah jadi atau dalam bentuk kerajinan tangan maka akan lebih baik di scan terlebih dahulu.
  2. Setelah gambar didapatkan maka gambar tersebut masih membutuhkan sentuhan dari software khusus untuk mesin bordir agar bisa dengan mudah terbaca oleh komputer tentang bagaimana alur benang nanti akan diimplementasikan kepada kain atau media.

Itulah cara kerja mesin jahit bordir komputer. Semoga berguna.