,

Mengulik 3 Jenis Mixer Sound System dan Perbedaannya

Mengulik 3 Jenis Mixer Sound System dan Perbedaannya

Jika anda adalah orang yang bergelut di bidang sound engineering, pasti sudah tidak asing dengan sebuah alat yang dikenal dengan audio mixer. Perangkat yang satu ini berfungsi untuk menyatukan suara agar menghasilkan output yang baik. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu lebih dalam tentang jenis jenis mixer sound system!

 

Jenis Jenis Audio Mixer Yang Perlu Anda Tahu

  1. Analog Mixer

Mixer analog merupakan salah satu jenis yang sudah banyak digunakan. Moxer ini berfungsi untuk mengatur volume dan nada pada signal input yang masuk. Seluruh tombol yang ada di perangkat tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Letak tombol kontrol dan fader ada di atas sehingga pengguna mixer lebih mudah dalam memahami aliran sinyal.

Harga dari analog mixer pun beragam, mereka nya juga bervariasi. Setiap produsen mixer pasti memberikan penawaran atau keunggulan yang berbeda beda. Berkaitan dengan hal ini, anda perlu melihat review setiap produk secara detail. Dengan begitu, ana tidak akan keliru dan tentunya merasa puas atas perangkat yang sudah dimiliki.

 

  1. Digital Mixer

Sesuai dengan namanya, digital mixer menjadi perangkat yang jauh lebih maju dibandingkan dengan analog mixer. Banyak orang yang merasa bahwa perangkat yang satu ini lebih mudah sata dioperasikan. Namun kembali lagi, tergantung dengan selera masing masing pengguna. Digital mixer akan memproses setiap sinyal input dan mengatur volume dengan proses digital.

Fader dan setiap tombol sanggup melakukan berbagai fungsi dalam sekejap. Bahkan performa bagian mixer sound system ini tidak terpengaruh dengan jumlah saluran yang meningkat. Melihat canggihnya alat tersebut, anda pun selaku pengguna perlu pengalaman yang jauh lebih banyak, mengingat fungsionalitasnya juga lebih besar.

 

  1. Powered Mixer

Jenis mixer ketiga yang juga banyak dilirik sound engineer adalah powered mixer. Jika anda tertarik untuk membelinya, pastikan anda mengetahui apa kelebihan dan dan kekurangannya. Perangkat yang satu ini adalah jenis mixer analog, yang telah di built in dengan power amplifier. Seperti yang anda tah, memang amplifier menjadi saluran sound berikutnya setelah mixer.

Keberadaan amplifier membuat suara yang dimainkan dalam mixer langsung terhubung dengan speaker. Alhasil, pengoperasiannya menjadi lebih sederhana. Anda hanya perlu menekan tombol on, maka speaker pun ikut berfungsi. Lantas kapan audio mixer jenis ini digunakan? Jawabannya adalah saat ada kegiatan di lapangan yang lokasinya terbuka dan luas.

Alasan itu pula yang membuat mixer sound system ini jauh lebih umum ditemukan oleh masyarakat. Perangkat ini umumnya ada di acara nikahan, konser, dan acara bazar. Mereknya juga bervariasi, sehingga anda tetap harus survey terlebih dahulu sebelum deal. Jangan sampai anda salah beli dan malah kecewa, mengingat harganya juga tidak murah.

Demikianlah sedikit ulasan tentang jenis jenis audio zyztem yang perlu anda ketahui. agar tidak bingung, anda bisa langsung masuk ke halaman rekomendasi audio mixer Goshen Swara Indonesia. Di sana, anda bisa langsung melihat merek dan keunggulan masing masing produk. Jika sudah mendapatkan yang dicari, anda bisa langsung membelinya dengan harga terjangkau.