,

5 Tips Menggunakan Disinfektan Semprot yang Aman dan Efektif

tips menggunakan disinfektan

Disinfektan spray mulai dikenal dan banyak digunakan pada awal kemunculan virus corona. Cairan ini sangat ampuh mengatasi dan membunuh kuman, virus atau bakteri yang berkeliaran. Penggunaannya terbukti mampu meminimalisir risiko terpapar virus berbahaya, termasuk corona. Apalagi jika diaplikasikan dengan tepat maka disinfektan bisa sangat efektif dalam memberantas virus dan bakteri, khususnya di permukaan benda. Supaya lebih efektif, beberapa hal perlu diperhatikan dalam penggunaan disinfektan, diantaranya :

Hindari Kontak Langsung dengan Kulit

Di awal pandemi corona, disinfektan spray sering dipakai untuk tubuh manusia. Padahal hal tersebut keliru dan bisa berbahaya. Penggunaan disinfektan hanya direkomendasikan pada permukaan benda seperti gagang pintu, ruangan, motor, mobil dan sebagainya. Penyemprotan langsung ke kulit atau bagian tubuh lainnya tidak dianjurkan dan harus dihindari.  Apalagi pada bagian vital dan sensitif seperti mulut, hidung dan mata, disinfektan bisa menyebabkan iritasi.

Meskipun fungsi disinfektan adalah untuk membasmi virus namun bukan berarti Anda bisa menggunakannya sembarangan. Disinfektan mengandung bahan kimia yang perlu diaplikasikan secara khusus. Jadi jangan pernah memasukkan atau meminum cairan ini sebab bisa berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Gunakan Sarung Tangan

Untuk menghindari kontak langsung antara cairan disinfektan dengan kulit, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Salah satunya adalah dengan memakai sarung tangan. Dalam penggunaannya, perlu dicatat bahwa disinfektan spray berbeda dengan cairan antiseptik. Antiseptik bisa diaplikasikan untuk permukaan kulit manusia, sedangkan disinfektan tidak demikian. Karena itu sangat direkomendasikan untuk menggunakan sarung tangan saat akan menyemprot.

Baca Juga : Cara Memilih Disinfektan yang Aman dan Berkualitas

Bersihkan Permukaan Kotor dengan Lap

Membersihkan permukaan dengan lap sebelum dan sesudah penyemprotan juga perlu dilakukan. Permukaan yang akan disemprot harus sudah bersih dari kotoran yang terlihat atau kasat mata. kemudian setelah penyemprotan dilakukan, maka laplah permukaan sekali lagi untuk memastikan bahwa tidak ada virus atau bakteri yang tertinggal. Semprotkan cairan secukupnya saja dengan mengikuti instruksi yang tertera pada produk.

Simpan di Tempat yang Aman

Simpanlah disinfektan di tempat khusus yang sekiranya aman. Tempat penyimpanan harus kering dan jauh dari sumber panas. Disinfektan mengandung alkohol sehingga mudah sekali terbakar.  Jangan lupa juga untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak agar tidak disalahgunakan

Tetap Gunakan Masker dan Rajin Cuci Tangan

Perlu juga dipahami bahwa disinfektan hanya meminimalisir ancaman dari virus jahat dan tidak 100% memusnahkannya. Virus terus bermutasi dan kita harus tetap waspada. Ingatlah bahwa pandemik ini masih berlangsung sehingga prokes kesehatan harus selalu dipatuhi. Gunakan masker dan cucilah tangan setiap kali melakukan aktivitas.

Beli Produk Disinfektan Spray di Olaif

Itulah tips menggunakan disinfektan agar lebih aman dan efektif. Pemahaman dan penggunaan yang bijak akan meningkatkan efektivitas dalam pemberantasan virus. Nah bila ingin mendapatkan cairan disinfektan, maka bisa memilih produk dari Olaif. Produk ini cukup direkomendasikan karena mengandung 75% alkohol dan benzalkonium chloride yang ampuh membunuh 99,9% bakteri dan virus. Produk ini pun sudah berlabel paraben free sehingga aman untuk dipakai harian. Selain aman, penggunaannya pun mudah karena disinfektan ini dikemas dalam botol 250ml. Jadi sangat praktis dan Anda bisa menggunakannya ketika sedang di rumah, di jalan, di kantor atau di mana saja. Cek produk disinfektan spray untuk detail produk dan beli online langsung di Olaif dengan harga terjangkau.