,

Tips Membersihkan Microphone Agar Awet

Tips Membersihkan Microphone Agar Awet

Anda memiliki mic wireless terbaik dan ingin menjaganya agar tetap awet? Microphone merupakan salah satu komponen penting dalam dunia audio. Microphone sendiri tak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan vokal saja, namun juga dapat ditempatkan pada berbagai alat musik yang telah terhubung dengan speaker aktif (sumber : https://www.goshen.co.id/). Microphone disini berperan sebagai penghantar suara instrumen agar dapat didengar dan sampai ke telinga pendengar dengan baik.

Jenis microphone juga beragam, dengan bentuk microphone yang umumnya menyesuaikan dengan kegunaan. Ada handheld microphone atau mic genggam yang biasanya digunakan pembawa acara atau penyanyi, ada pula mic berbentuk kecil atau clip on yang kerap digunakan untuk keperluan wawancara, dan beragam jenis microphone lain. Kualitas suara yang dihasilkan dari jenis-jenis microphone juga dapat berbeda, sehingga Anda perlu memilih microphone yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda tentu ingin microphone kesayangan Anda bisa bertahan dalam waktu yang lama, bukan? Karena merawat microphone termasuk gampang-gampang susah, untuk itu diperlukan adanya teknik pembersihan yang tepat agar microphone Anda awet dan tetap menghasilkan kualitas suara jernih. Langsung saja simak tips membersihkan microphone berikut ini!

 

Tips Membersihkan Microphone

Bersihkan Grille Mic Dengan Disikat

Grille merupakan bagian terluar microphone, bagian ini berbentuk layaknya jaring dan terdapat busa pada bagian dalamnya. Jika berbicara mengenai pembersihan mic wireless terbaik, umumnya proses pembersihan yang dilakukan hanyalah pada bagian grille saja. Tak heran karena grille merupakan bagian yang rentan terkena debu, air liur, lipstik, ataupun kotoran lainnya yang dapat masuk ke dalam grille. Untuk itulah bagian yang satu ini wajib selalu dibersihkan dengan rutin agar tetap terjaga kebersihannya, sehingga kualitas suara yang dihasilkan pun tetap jernih.

Cara membersihkannya cukup mudah. Untuk jenis mic biasa, Anda hanya perlu memutar bagian grille dan grille pun akan terlepas dengan mudah. Setelah berhasil terlepas, rendam grille dalam air. Anda bisa menggunakan air biasa ataupun air larutan cairan khusus untuk membersihkan mic. Setelah grille terendam air, sikat grille tersebut dengan sikat. Umumnya bagian ini telah dilengkapi dengan lapisan anti karat, sehingga Anda tak perlu khawatir ketika menyikat grille. Jika sudah disikat dan dibilas, keringkan grille hingga benar-benar kering lalu pasang kembali grille ke tempat semula.

 

Menyikat Microphone Posisi Terbalik

Jika pada jenis mic biasa grille dapat dilepas sehingga proses pembersihan dapat dilakukan dengan mudah, lain halnya dengan jenis mic yang tidak bisa dilepas. Namun tak perlu khawatir, Anda tetap dapat membersihkan microphone dengan cara membalik posisi mic ketika melakukan pembersihan. Hal ini dimaksudkan agar komponen di dalam mic tidak rusak.

Anda dapat membalik posisi mic, lalu sikat mic dengan hati-hati agar air tidak masuk dan merusak komponen dalam mic. Setelah selesai menyikat, diamkan mic sampai benar-benar dalam kondisi kering. Jika sudah kering Anda dapat menyimpan kembali mic pada tempatnya.
Demikianlah tips mencuci mic wireless terbaik. Semoga bermanfaat.