,

Cara Kerja Perusahaan Fintech di Indonesia

perusahaan fintech indonesia

Pendanaan dan pinjaman online telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang haus akan pinjaman-pinjaman demi menutupi kehidupan sehari-hari. Praktik peminjaman dana ini sudah ada sejak zaman dahulu kala semenjak uang telah menggantikan sistem barter yang dulu digunakan bangsa ini. Uang adalah hal yang sangat krusial bagi kehidupan manusia saat ini sebab tidak ada uang, maka anda tidak dapat melakukan apa-apa. Seiring berjalannya kehidupan, pinjam-meminjam uang pun mengalami revolusi mengikuti perkembangan zaman. Saat ini kita mengenal istilah fintech di Indonesia, sebagai kependekan dari financial technology yang berarti teknologi keuangan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Fintech Unggulan Indonesia

Semua urusan keuangan yang tadinya harus melakukan perjalanan, tatap muka, menyiapkan fotokopi seabrek dokumen, sekarang dimudahkan oleh perkembanga teknologi hanya dengan bantuan smartphone saja. Perusahaan yang bergerak di bidang keuangan pun kini sudah dapat berdiri sendiri dan tidak perlu membuka cabang yang banyak ataupun merekrut banyak orang lagi untuk menjalankan bisnisnya. Kini dengan beberapa sentuhan di layar semua sudah bisa berjalan. Hanya dari rumah saja anda bisa melakukan pendanaan dan pinjaman. Cara kerja perusahaan fintech berbasis pinjaman atau peer to peer ini memiliki alur sebagai berikut:

Aplikasi

Pengguna harus mengunduh aplikasi fintech Indonesia yang sudah ada di toko-toko online. Biasanya aplikasi ini gratis, tidak dikenakan biaya. Anda hanya perlu bermodalkan ponsel dan koneksi internet. Setelah mengunduhnya, anda dapat mendaftarkan diri dengan mengisi data di dalam aplikasi tersebut.

Baca Juga : Mengapa Layanan Fintech Begitu Penting ?

Dari Pendana ke Peminjam

Setelah anda memasukkan data diri, anda dapat mengajukan pinjaman ke aplikasi tersebut. Biasanya aplikasi pinjaman online prosesnya cukup cepat, mulai dari yang kurang dari 24 jam hingga dalam hitungan hari. Apabila melebihi hitungan tersebut, maka bisa dipastikan pinjaman anda ditolak. Apabila pinjaman anda diterima, nanti pendana akan mengakses data anda dan dapat mulai meminjamkan dana kepada anda. Anda dapat langsung menerimanya dan menyetujui proses pengembalian dana dengan cara kredit atau menyicil.

Tips Mengunduh Aplikasi Fintech

Untuk mengunduh aplikasi berbasis pinjaman online, pastikan perizinan pada awal mengunduh aplikasi tidak mengganggu privasi anda. Bacalah peraturan dengan seksama mengenai peminjaman dan pengembalian dana. Jangan sampai bunga yang ditetapkan merugikan anda. Ketahui regukasi perusahaan tersebut dalam peminjaman dana online. Carilah nama aplikasi dan perusahaan fintech tersebut di mesin pencari untuk mengetahui reputasi perusahaan tersebut. Pastikan perusahaan tersebut terdaftar di OJK agar dapat perlindungan baik dari sisi peminjam maupun pendana. Cek juga apakah perusahaan tersebut pernah bermasalah dan ada pada daftar hitam Bank Indonesia. Apabila semua aman, maka proses pinjam-meminjam online dapat anda laksanakan dengan tenang.

Selamat, sekarang anda dapat menikmati teknologi masa kini berbasis keuangan dan menggunakannya dengan aman dan nyaman!

Baca Juga : Tips Perusahaan Fintech Indonesia Mendapatkan Modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *