,

Terapkan Teknologi Terbaru, Begini Keuntungan Menggunakan Solar Panel

Terapkan Teknologi Terbaru, Begini Keuntungan Menggunakan Solar Panel

Panel surya menjadi jawaban bagi anda yang hendak ikut melestarikan lingkungan. Jenis energinya yang terbarukan menjadi alasan mengapa panel surya dipilih sebagai teknologi terkini yang ramah lingkungan. Lantas tahukan anda apa saja keuntungan menggunakan solar panel? Yuk simak selengkapnya disini.

 

Keuntungan Yang Didapat Oleh Pengguna Panel Surya

Terapkan Teknologi Terbaru, Begini Keuntungan Menggunakan Solar Panel

  1. Mengurangi Tagihan Listrik

Tagihan listrik menjadi salah satu biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya. Penggunaan yang terlalu sering pasti membuat biaya semakin membengkak. Bahkan saat ini berbagai device membutuhkan listrik sebagai pengisi daya. Menjawab permasalahan tersebut, kini hadir solusi berupa panel surya yang menjadi andalan untuk menghemat pengeluaran keluarga.

Penggunaan panel surya yang dapat menghemat biaya listrik bukanlah isapan jempol semata. Kabarnya biaya yang dapat dihemat mencapai sekitar Rp4,47 juta per tahunnya. Berarti setiap pengguna dapat menyimpan uang sebesar Rp350 hingga Rp400 ribu per bulan. Belum lagi penggunaan panel surya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

  1. Tahan Lama

Selain dapat menghemat biaya,  panel surya juga memiliki kelebihan yaitu memiliki umur penggunaan mencapai 20 hingga 25 tahun. Tentu hal ini tergantung dari perawatannya. Meskipun begitu, umurnya yang mencapai puluhan tahun menjadi nilai plus. Penggunanya hanya perlu melakukan perawatan rutin yang tidak memerlukan biaya besar.

Sang tahan lamanya solar panel, pengguna tidak perlu was was akan peningkatan tarif listrik PLN selama bertahun tahun. Tentu hal ini sangat menenangkan. Belum lagi kebutuhan penggunaan perangkat elektronik yang meningkat kerap kali membuat pusing. Oleh karena itu, panel surya dipilih sebagai jalan alternatif yang menguntungkan.

 

  1. Aplikasi Beragam

Energi listrik yang didapat dari cahaya matahari mampu dikonversi dalam berbagai bentuk. Tidak selamanya menghasilkan listrik, namun juga dapat menghasilkan panas. Belum lagi energi matahari ini dapat digunakan untuk keperluan penyulingan air di lokasi yang sulit air dan dapat digunakan untuk menggerakkan satelit luar angkasa.

Penggunaannya yang beragam membuat panel surya banyak dipilih. Tidak hanya untuk konsumsi rumah tangga, listrik yang dihasilkan juga dapat digunakan untuk gedung gedung besar. Sayangnya, belum semua masyarakat Indonesia menggunakannya teknologi tersebut. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, panel surya akan jauh dikenal oleh masyarakat luas.

 

  1. Biaya Perawatan Murah

Bagi anda yang belum tahu, panel surya hanya memerlukan pembersihan yang rutin untuk tetap menjaga efisiensinya. Proses pembersihan juga sangat mudah yaitu hanya menggunakan air dan kain microfiber. Tidak memerlukan zat khusus atau sabun untuk menghilangkan noda di permukaan solar panel. Selama rutin dibersihkan, kinerja panel akan tetap terjaga.

Berbagai kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya menjadi bukti bahwa panel surya merupakan terobosan cerdas untuk mengatasi pembengkakan biaya listrik. Tidak hanya hemat, teknologi ini dapat membantu berbagai kegiatan di daerah yang sulit jaringan listrik. belum lagi sifatnya ramah lingkungan sehingga semakin diminati.