,

Jangan Anggap Remeh, Berikut 4 Cara Merawat Bayi Prematur yang Sakit Kuning

Perawatan Bayi Baru Lahir

Jangan Anggap Remeh, Berikut 4 Cara Merawat Bayi Prematur yang Sakit Kuning

Penyakit kuning merupakan salah satu penyakit yang banyak timbul pada bayi yang baru lahir. Bayi prematur juga salah satu golongan bayi yang seringkali mengidap penyakit ini. Jangan anggap remeh karena penyakit kuning bisa berakibat fatal pada bayi jika tidak segera diatasi. Berikut cara merawat bayi prematur yang sakit kuning.

Cara Merawat Bayi yang Prematur dan Menderita Penyakit Kuning

  1. Memberikan Lebih Banyak ASI

Asi merupakan salah satu asupan nutrisi yang baik untuk tubuh si kecil. Tak hanya anak yang terlahir normal, anak yang lahir dalam kondisi prematur juga membutuhkan asupan ASI bahkan jumlahnya diharuskan lebih banyak. ASI bisa meningkatkan daya tahan tubuh bayi sehingga bayi yang sakit kuning akan memiliki daya tahan tubuh yang baik untuk melawannya.

Tak hanya itu, bayi prematur juga tidak diperbolehkan dehidrasi bahkan ibu dianjurkan untuk menyusui bayinya setiap 2 jam sekali. Setidaknya bayi harus mendapatkan air asi sebanyak 8-10 kali sehari. Asupan cairan akan membuat tubuh bayi tidak lemah dan lemas karena kondisi ini sangat berbahaya terutama pada bagi yang mengidap penyakit kuning.

  1. Jemur Bayi di Matahari Pagi

Cara merawat bayi prematur yang mengidap penyakit kuning adalah dengan menjemurnya setiap pagi hari. dengan menjemur bayi. Vitamin D akan membantu bayi menghilangkan penyakit kuning yang sedang ia derita. Gunakan matahari pagi karena matahari siang malah justru tidak baik untuk tubuh si kecil.

Anda dapat menjemurnya sekitar pukul 06.30 hingga 09.00 karena pada jam jam tersebut sinar matahari tidak terlalu panas. Anda dapat menjemurnya selama kurang lebih 15 sampai 30 menit. Dengan penyinaran matahari, penyakit kuning pada bayi bisa teratasi. Anda harus juga melihat kondisi cuaca, jika pada jam tersebut mendung, jangan jemur bayi karena dingin.

  1. Memberikan Terapi Sinar

Jika menggunakan sinar matahari tidak bisa mengatasi masalah penyakit kuning, anda dapat konsultasi ke dokter. Dokter anak akan menganjurkan bayi anda untuk mendapatkan terapi sinar. Jalan yang satu ini cukup efektif karena sinar akan langsung tertuju kepada bayi sehingga bisa diserap dengan lebih optimal oleh tubuh dan cara ini juga lebih efektif. 

Gunakan cara ini sebagai salah satu cara merawat bayi prematur yang mengidap penyakit kuning jika dinilai kondisi bayi sudah sangat membahayakan. Penyakit kuning bukanlah penyakit yang wajar sehingga harus segera ditangani dengan baik. Bahkan penyakit kuning yang tidak segera ditangani dapat mengakibatkan kematian.

Demikianlah 3 tips yang bisa anda lakukan jika bayi anda terlahir dalam kondisi prematur dan mengidap penyakit kuning. Simak pula berbagai tips merawat bayi yang baru lahir di Mitu Baby Care. Didalamnya memuat berbagai tips merawat bayi yang bisa anda aplikasikan. 

Baca Juga: Cara Memilih Bedak Bayi yang Bagus untuk Digunakan