,

Cara Jitu Mengamankan Mobil Saat Mudik Meskipun Sudah Ter-cover Asuransi Mobil Terbaik

asuransi mobil terbaik

All risk dan Total Lost Only (TLO) merupakan dua jenis asuransi mobil terbaik saat ini. Kendati demikian tidak semestinya pemilik kendaraan bertindak ceroboh karena merasa mobil sudah terlindungi oleh asuransi.

Satu contoh, menjelang mudik lebaran seperti sekarang banyak orang lebih memilih meninggalkan kendaraan kesayangannya dan beralih ke moda transportasi umum saat mudik. Alasannya sederhana tapi masuk akal, seperti enggan capek menyetir atau jalanan seringkali macet.

Polis asuransi mobil terbaik mungkin sudah Anda kantongi tapi memperlakukan mobil dengan perawatan khusus adalah cara paling tepat sebelum ditinggal mudik. Ini penting sebab mobil yang Anda tinggalkan di rumah adalah asset berharga.

Ketika ditinggal alangkah baiknya jika mobil dicuci terlebih dulu. Jika rencana mudik dalam jangka waktu lama, kotoran yang menempel di bodi mobil bisa menimbulkan masalah serius pada permukaan cat. Belum lagi kotoran bagian interior. Jadi sebelum ditinggalkan  mobil wajib dibersihkan kemudian dicuci.

Buka sedikit beberapa bagian kaca, tidak perlu terlalu lebar cukup 1 cm saja. Kaca yang sedikit terbuka penting untuk menjaga kestabilan sirkulasi udara. Dengan begitu interior mobil tidak terlalu lembab dan berbau apek.

Setelah dicuci dan dikeringkan tutup mobil menggunakan car cover. Ini cara untuk menghindari debu dan kotoran kembali menempel di cat mobil. Jangan lupa cabut kabel aki. Mobil modern sebenarnya tidak perlu cabut kabel aki, beda dengan mobil jadul yang memang wajib dicabut karena setrum terus mengalir. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya korsleting, kabel aki sebaiknya dicabut saja.

Ketika diparkir, untuk mobil transmisi matic cukup tarik tuas perseneling diposisi P. Tidak perlu tarik rem tangan. Untuk mobil transmisi manual posisikan perseneling di gigi 1. Tidak perlu tarik rem tangan, cukup ganjal ban menggunakan batu.

Jika ditinggalkan dalam waktu lama memang tidak disarankan menggunakan rem tangan. Hal ini untuk menghindari kanvas rem menempel di cakram rem.

Masalah keamanan juga wajib diperhatikan. Jangan karena sudah tercover asuransi mobil terbaik lantas faktor keamanan bisa diabaikan. Untuk menghindari pencurian karena ditinggal di rumah terlalu lama, ada baiknya mobil dititipkan di rumah tetangga, di kantor, atau bahkan di kantor polisi.

BACA JUGAMengenal Pengertian Asuransi Mobil All Risk Beserta Aspek Lainnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *