,

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan Anak

asuransi kesehatan anak

Menjadi orang tua adalah impian bagi setiap orang. Namun menjadi orang tua itu tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus bisa mendidik anak sesuai norma dan dengan cara yang tepat, Anda juga harus mampu memberikan yang terbaik kepada anak terutama dalam hal pendidikan dan juga kesehatan. Anda bisa mengikutkan anak ke dalam program asuransi untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda duga ke depannya. Hal yang tidak terduga tersebut misalnya adalah Anda sebagai tulang punggung keluarga mengalami musibah kemudian tidak bisa mencari nafkah sehingga kesehatan dan pendidikan anak menjadi terbengkalai. Sebelum risiko tersebut terjadi ada baiknya melindungi diri Anda dan anak dengan asuransi.

Saat ini asuransi untuk anak memang berpolemik, alasannya ada beberapa pihak yang menganggap bahwa asuransi anak tidak perlu. Lalu sebenarnya apakah perlu bagi Anda sebagai orang tua membeli asuransi kesehatan untuk anak tersebut? Jawabannya adalah tergantung. Simak beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli asuransi kesehatan anak berikut ini:

Proses Kehamilan

Pertimbangan yang pertama adalah Anda bisa melihat bagaimana proses kehamilan tersebut. Jika kehamilan sering bermasalah maka dikhawatirkan saat dilahirkan juga akan bermasalah. Hal fatal yang dialami oleh ibu hamil dan bisa mengakibatkan janin yang dilahirkan menjadi bermasalah adalah sering mengalami bleeding. Jika mengalami bleeding harus siap-siap mendaftarkan asuransi kesehatan untuk anak bahkan ibu hamil itu sendiri.  Sebenarnya tidak hanya itu saja, jika sejak dalam kandungan dokter mendiagnosis hal yang buruk pada janin orang tua harus mendaftarkan polis asuransi kesehatan anak ini setelah anak tersebut lahir.

Mengalami Kelainan Kromosom

Tidak semua ibu hamil bisa melakukan tes ini, selain biayanya mahal tes ini juga tidak wajib dilakukan oleh ibu hamil. Meski begitu pemeriksaan ini sangat penting tujuannya untuk melihat apakah ada kelainan kromosom pada janin yang sedang dikandungnya atau tidak. Kromosom yang tidak sempurna dan memiliki kelainan akan membuat janin yang dilahirkan mengalami trisomi atau bahkan down syndrome. Anak dengan trisomi dan bahkan down syndrome ini membutuhkan biaya yang besar untuk perawatan. Terlebih lagi dengan sistem imun yang lemah akan menyebabkan anak akan mudah sakit dan terkena penyakit.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

Kelahiran

Pertimbangan selanjutnya adalah apakah proses kelahiran anak berlangsung dengan normal atau tidak. Setiap ibu hamil pasti menginginkan proses kelahiran yang normal, namun tidak semuanya bisa mengalami proses persalinan yang normal dimana ada saja kendala yang terjadi misalnya saja adalah melahirkan anak secara prematur. Tentu anak dengan  kelahiran prematur ini berbeda dengan  yang dilahirkan cukup bulan. Biaya perawatan anak dengan kelahiran prematur ini lebih mahal dimana anak harus dimasukkan ke dalam ruang inkubator agar memiliki bobot ideal. Anak prematur yang mencapai berat ideal bisa memiliki kehidupan normal namun ada juga yang bisa mengalami penyakit bawaan seperti masalah paru-paru dan lain sebagainya. Untuk melindungi anak prematur dari berbagai macam penyakit bisa dengan menggunakan asuransi.

Penyakit Genetik

Pertimbangan sebelum membeli asuransi selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah penyakit genetik. Yang dimaksud dengan penyakit genetik adalah penyakit turunan dimana dimiliki oleh anggota keluarga atau saudara. Misalnya saja adalah di dalam silsilah keluarga ada yang mengalami penyakit diabetes, maka anak juga akan rentan untuk mengalami penyakit tersebut dimana saat ini penyakit diabetes tipe 1 lebih sering menyerang anak-anak dan penderitanya bertambah. Tidak hanya itu saja jika ada silsilah keluarga yang memiliki penyakit kanker sudah wajib hukumnya untuk memiliki asuransi kesehatan anak tersebut.

Manajemen Keuangan Keluarga

Pertimbangan yang terakhir adalah apakah Anda bisa memanajemen keuangan dengan baik atau tidak. Jika tidak bisa memanajemen keuangan dengan baik terutama dana untuk kesehatan penting bagi Anda untuk ikut asuransi. Dengan ikut asuransi ini secara tidak langsung Anda akan menyisihkan dana setiap bulannya untuk melindungi kesehatan anak Anda.

Tidak ada yang pernah berharap untuk sakit, namun sakit ini memang bukan sesuatu yang bisa diprediksi kapan akan datang dan menimpa. Oleh sebab itu untuk bisa mengoptimalkan dana yang dimiliki dan tidak salah dalam mengelolanya Anda bisa ikut asuransi. Terlebih lagi bagi yang sudah berkeluarga, asuransi kesehatan untuk anak atau khusus keluarga penting untuk dimiliki karena terbukti sangat bermanfaat melindungi Anda maupun keluarga Anda dari kerugian finansial yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *