,

Cara Memaksimalkan Penggunaan Stereo Audio Sound System

audio sound system

Untuk Anda yang memiliki dana yang tidak terbatas, maka memiliki audio sound system yang terbaik memang bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Tujuan membeli sistem audio stereo yang terbaik untuk ruang keluarga anda adalah untuk memberikan efek suara yang terbaik untuk segala aktivitas yang anda lakukan bukan? Oleh karena itu, pastikan anda mengetahui cara untuk memaksimalkan hasil dari sistem audio stereo yang anda miliki berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda ikuti.

Baca Juga : Tips Membeli Speaker Aktif Kualitas Terbaik

Buat Ruangan Dengan Akustik Yang Baik

Memilih sistem audio stereo yang terbaik memang sangat penting untuk dilakukan untuk menghasilkan suara yang memuaskan, tapi bukan hanya perangkatnya yang baik. Salah satu hal yang menentukan apakah sistem audio stereo anda berhasil memproduksi suara yang berkualitas juga dipengaruhi dengan ruangan tempat ia digunakan.

Sebuah sistem audio stereo yang baik jika diletakkan pada tempat yang tepat akan menghasilkan suara yang maksimal. Tempat yang tepat untuk membuat sebuah audio sound system bekerja secara maksimal adalah ruangan yang memiliki akustik yang baik. Pada beberapa kasus, space dan juga layout dalam ruangan memiliki efek yang baik dalam menghasilkan suara yang berkualitas.

Jenis ruangan yang perlu dihindari ketika anda ingin membuat ruang akustik yang baik adalah dengan penampang keras yang luas. Penampang keras yang dimaksudkan adalah penampang keras seperti dinding dan juga lantai. Bagian-bagian yang keras dan halus pada sebuah ruangan akan menyebabkan terjadinya refleksi suara yang menyebabkan perubahan kualitas dari suara yang dihasilkan.

Untuk anda yang ingin mendapatkan suara yang terbaik untuk sistem audio stereo ini, maka anda bisa mencoba untuk memperbaiki kondisi ruangan yaitu dengan memberikan perangkat yang dapat membantu menghaluskan echo yang dihasilkan di ruangan. Caranya adalah dengan memberikan karpet, meletakkan tanaman dan hal-hal lainnya yang akan membantu meredakan pantulan suara.

Penempatan Sistem Audio Stereo

Setiap ruangan memiliki mode resonansi yang berbeda satu sama lainnya. Mode ini dapat membantu membuat suara menjadi lebih keras atau bisa juga menyebabkan suara menjadi lebih lemah. Hal ini didasarkan pada panjang frekuensi yang bisa digunakan dalam sebuah ruangan yang pada akhirnya menyebabkan inconsistency suara yang disebabkan karena resonansi atau refleksi yang berbeda. Hal ini hanya dapat diselesaikan dengan melakukan penempatan Audio sound system yang tepat. Penempatan sistem audio stereo yang tepat dapat membantu anda untuk membantu meminimalisir variasi resonansi suara dan juga refleksi sehingga dapat menyajikan suara terbaik seperti yang anda inginkan.

Menentukan Sweet Spot

Apa itu sweet spot? Sweet spot merupakan posisi paling baik dimana anda bisa menikmati suara yang dihasilkan oleh sistem audio stereo yang anda miliki. Menentukan sweet spot memang terlihat mudah ketika dilakukan di kertas. Akan tetapi, pada aplikasinya, penentuan dari sweet spot ini membutuhkan lebih banyak waktu dan juga pengukuran, seperti melakukan pengukuran untuk adjusting speaker anda, peralatan atau bahkan furnitur yang ada di ruangan anda.

Pada dasarnya, lokasi dari speaker kanan, speaker kiri dan juga sweet spot harusnya membentuk segitiga sama sisi. Jadi jika 2 speaker stereo yang anda miliki terpisah sebesar 6 kaki, maka sweet spot dari audio sound system anda harus diletakkan dengan jarak 6 kaki dari Speaker Kanan dan 6 kaki dari speaker kiri.

Perkabelan

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika anda ingin memaksimalkan hasil suara dari audio sound system yang anda miliki adalah dengan menentukan jenis kabel yang akan anda gunakan. Kabel mungkin bisa dilihat sebagai sebuah hal yang remeh. Akan tetapi, jika anda menggunakan kabel yang memiliki kualitas yang buruk, maka akan sulit bagi anda untuk mendapatkan suara dengan kualitas yang anda harapkan. Jadi jika anda membeli sistem audio stereo dengan harga yang mahal, pastikan anda juga menggunakan jenis kabel yang juga berkualitas. Jika tidak akan sangat disayangkan mengenai hasil suara yang dikeluarkan oleh audio sound system yang sudah anda beli bukan?

Baca Juga : 4 Perekam Alat Musik Studio yang Harus Dimiliki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *