,

4 Alat Perekam Musik Studio yang Perlu Disiapkan Sebelum Rekaman

Alat Perekam Musik Studio

Berkarya melalui musik merupakan suatu hal yang luar biasa bagi Anda. Ketika sudah memutuskan untuk berkarya dengan musik, maka Anda tentu terobsesi menghasilkan karya yang berkualitas. Dalam rangka menghasilkan karya berkualitas, semuanya harus diawali dengan proses perekaman audio yang dilakukan dengan benar. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan beberapa alat perekam musik studio di bawah ini.

Mikrofon

Semua studio rekaman pasti memerlukan mikrofon untuk proses perekaman audio maupun musik. Oleh sebab itu, keberadaan dari alat perekam ini tidak boleh diabaikan. Secara sederhana, mikrofon berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk merekam sinyal audio. Beberapa sinyal audio yang bisa direkam mikrofon antara lain vokal, akustik instrumen dan sumber suara apapun.

Komputer

Sebuah studio rekaman mutlak membutuhkan komputer karena merupakan perangkat utama. Disini, komputer akan berfungsi untuk menerima suara atau musik yang Anda rekam. Kemudian, setelah itu suara atau musik yang masuk tersebut akan melewati dua tahapan. Kedua tahapan tersebut adalah mixing dan juga mastering dengan menggunakan media software perekaman.

DAW (Digital Audio Workspace)

Selain membutuhkan alat perekam musik studio berupa komputer, Anda juga harus melengkapinya dengan software khusus yaitu DAW. DAW merupakan software yang bisa Anda gunakan untuk proses merekam, mengedit, mixing serta mastering beberapa track audio. Setelah melewati empat tahapan tersebut, kumpulan track audio tersebut akan menjadi musik atau lagu yang utuh. Fruty Loops adalah salah satu contoh software DAW yang banyak dipakai.

Audio Interface

Satu lagi alat yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan proses rekaman adalah audio interface. Perangkat ini adalah beberapa alat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan alat musik. Umumnya, bentuk dari audio interface sendiri bisa berupa kabel konektor, sound card dan juga amplifier.

Perekaman sebuah audio maupun musik merupaka proses panjang yang harus Anda lalui. Proses ini tentu akan menyita banyak waktu Anda karena harus melalui empat tahapan sebelum menghasilkan hasil akhir. Keempat tahapan tersebut meliputi merekam, mengedit, mixing hingga mastering. Tapi, tanpa dukungan alat perekam musik studio yang memadai mustahil keempat tahapan tersebut bisa berjalan dan menghasilkan hasil optimal.

Ingin memiliki berbagai alat untuk studio? kami merekomendasikan untuk pergi ke toko online Bliaudio. Disana kamu akan mendapatkan alat audio terbaik untuk musik kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.