,

Cara Membedakan Gigi Palsu Permanen Dengan Lepasan

Cara Membedakan Gigi Palsu Permanen

Siapa bilang gigi palsu tidak memiliki macam-macamnya? Mungkin semua gigi tiruan terlihat sama di mata Anda. Namun, perlu Anda ketahui bahwa gigi tiruan memiliki macam-macam yang digolongkan sesuai dengan bentuk dan kerjanya. Dengan begitu, Anda memiliki sedikit informasi mengenai gigi tiruan sebelum melakukan pemasangan dengan dokter gigi. Apa saja yang perlu Anda ketahui mengenai gigi tiruan?

Gigi tiruan memiliki macam-macam yang perlu Anda perhatikan yaitu, ada gigi tiruan permanen dan ada juga gigi tiruan lepasan. Dalam macam-macam tersebut masih bisa digolongkan kembali sesuai dengan cara kerja gigi tiruan tersebut. Sebelum mengetahui golongan-golongan selanjutnya, berikut ini penjelasan mengenai gigi tiruan permanen dan lepasan.

Baca juga : Perbedaan Pasang Gigi Palsu Lengkap & Sebagian

Gigi Tiruan Permanen

Gigi tiruan permanen sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu gigi tiruan parsial dan juga tiruan lengkap. Gigi tiruan parsial dirancang untuk menggantikan beberapa gigi asli yang telah copot sebagian. Dokter gigi merancang gigi tiruan tersebut sesuai dengan keadaan gigi pasien. Jadi, gigi asli yang masih terpasang dengan kokoh didiamkan dan akan diselipkan gigi tiruan sebagai pelengkap mulut pasien.

Lain halnya dengan gigi tiruan lengkap, itu artinya gigi asli Anda telah tergantikan dengan gigi palsu. Keadaan ini bisa dilakukan ketika pasien sudah tidak memiliki gigi asli sama sekali. Sehingga, gigi tiruan menjadi pengganti sepenuhnya terhadap gigi asli. Dokter gigi akan memeriksa jenis kelamin dan juga umur pasien untuk mendapatkan gigi tiruan yang sesuai agar mendapatkan kenyamanan dan juga keindahan mulut.

Gigi Tiruan Lepasan

Gigi tiruan lepasan ini dibagi berdasarkan kerangka pembentuknya. Gigi ini terbuat dari kerangka akrilik, valplast, dan juga logam. Gigi jenis akrilik dan logam masih menggunakan kawat untuk mencantolkan pengait gigi tiruan ke gigi asli. Sedangkan, gigi jenis valplast memiliki bentuk yang lebih fleksibel dan tidak memerlukan kawat untuk mencantolkan gigi tiruan. Sehingga, pengguna merasa lebih nyaman dengan menggunakan gigi palsu lepasan valplast. Sesuaikan dengan kenyamanan Anda pada saat mengunyah makanan maupun saat berbicara.

Baca juga : Tips Memilih Klinik gigi Dengan Mencari Review di Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published.