,

Tindak Lanjuti Gejala Kolesterol Tinggi Melalui Konsumsi Makanan Sehat

gejala kolesterol tinggi

Penyakit kolesterol tinggi dapat diartikan sebagai gangguan kesehatan pada tubuh yang diakibatkan oleh peningkatan kadar kolesterol melebihi batas normal. Umumnya, penyebab utama dari penyakit ini adalah pola hidup tidak sehat yang Anda lakukan. Penyakit kolesterol memiliki beberapa gejala yang dapat Anda ketahui.

Jadi, ketika gejala kolesterol tinggi terjadi pada Anda maka segera lakukan klaim asuransi kesehatan untuk menjalani pengobatan. Adapun beberapa gejala tingginya tingkat kolesterol yang biasanya muncul beserta pencegahannya yaitu sebagai berikut.

Gejala tingginya kadar kolesterol

  1. Nyeri persendian

Salah satu gejala umum yang menandakan tingginya kadar kolesterol yaitu nyeri pada bagian sendi. Rasa nyeri ini kemudian akan berkembang menjadi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Selain itu, ketika bangun tidur penderita kolesterol tinggi sering merasakan kesemutan berulang-ulang. Bila kondisi seperti ini dibiarkan terus menerus maka dapat berujung pada kesulitan untuk bergerak.

  1. Sakit kepala

Ciri-ciri kolesterol tinggi lainnya yang dapat Anda ketahui adalah kecenderungan untuk lebih mudah sakit kepala. Jadi, jangan selalu mengartikan sakit kepala sebagai dampak dari kelelahan karena bisa saja kolesterol Anda meningkat. Gejala sakit kepala ini biasanya disebabkan oleh menumpuknya plak pada pembuluh yang menghambat sirkulasi darah.

  1. Mudah merasa lelah

Gejala kolesterol yang tinggi tidak hanya pegal, kesemutan dan sakit kepala tetapi juga mudah lelah. Jadi, jangan pernah sepelekan mudah mengalami kelelahan sebagai gangguan kesehatan biasa. Sebaliknya, Anda mestinya curiga apabila tubuh mudah sekali lelah apalagi jika tidak melakukan aktivitas berat apapun.

Makanan penurun kadar kolesterol

  1. Ikan Salmon

Bahan makanan ini kaya akan kandungan senyawa omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Selain omega 3, ikan Salmon juga mengandung senyawa lain yang tak kalah bermanfaat seperti EPA dan DHA. Kombinasi dari kedua zat ini sangat berguna untuk mengoptimalkan fungsi kerja jantung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh asosiasi kesehatan di Amerika dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi ikan Salmon baik untuk kesehatan. Secara lebih rinci, asosiasi ini mengemukakan melalui konsumsi ikan Salmon minimal 2 porsi dalam seminggu akan menurunkan kadar kolesterol. Oleh sebab itu, Anda perlu menjadikan jenis ikan ini sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi rutin sebagai penurun gejala kolesterol tinggi.

  1. Alpukat

Salah satu buah penurun kolesterol yang disarankan untuk dikonsumsi adalah alpukat. Dalam buah ini terdapat zat asam lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Tidak hanya itu, alpukat juga kaya akan kandungan beta-sistosterol sejenis lemak nabati. Senyawa inilah yang berfungsi untuk membatasi penyerapan kolesterol dari makanan.

Namun, meski berkhasiat menurunkan kadar kolesterol bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat sesuka hati. Anda perlu mengetahui bahwa dalam setiap buah alpukat terdapat kandungan 300 kalori dan 30 gram lemak. Jadi, kesimpulannya adalah Anda boleh saja memakan alpukat untuk menurunkan kolesterol tetapi jumlahnya dibatasi.

  1. Kacang kedelai

Tahukah Anda bahwa berbagai macam makanan berbahan dasar kacang kedelai ternyata dapat menurunkan kolesterol? Jenis makanan yang dimaksud diantaranya adalah tahu, tempe, oncom, susu kedelai hingga kembang tahu. Khasiat kacang kedelai untuk meminimalisir tingginya kolesterol dipengaruhi oleh zat Isoflavon.

Isoflavon berfungsi sebagai zat yang menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak di aliran darah. Akan tetapi, manfaat dari kacang kedelai bagi kesehatan ini hanya dapat Anda rasakan ketika mampu mengolahnya dengan benar. Cara mengolah kedelai secara benar adalah dengan membatasi penggunaan minyak goreng.

Agar lebih sehat, ganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun. Selanjutnya, Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat yang setara dengan BPOM RI memberikan rekomendasi mengenai cara konsumsi kacang kedelai. Saran dari lembaga kesehatan ini adalah agar Anda mengkonsumsi 25 gram protein kedelai per hari untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga : Daftar Makanan yang Baik untuk Kolesterol

Gejala kolesterol tinggi memang merupakan masalah kesehatan yang perlu Anda segera sikapi. Ini dikarenakan apabila dibiarkan terus menerus dikhawatirkan akan mendatangkan penyakit yang lebih akut. Selain berkonsultasi secara berkala ke dokter, Anda juga menurunkan tingkat kolesterol dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Baik itu rutin berolahraga maupun mengkonsumsi makanan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.