, ,

Keuntungan Ternak Ayam Potong

Untuk anda yang ingin mengetahui keuntungan dari Ternak Ayam potong, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kami ulas.

Membutuhkan lebih sedikit investasi

Salah satu kelebihan menggunakan ayam sebagai hewan ternak adalah karena untuk beternak ayam hanya dibutuhkan lebih sedikit investasi dibanding beternak hewan yang lainnya. Untuk beternak ayam anda hanya membutuhkan sekitar 2 juta hingga 2.5 juta rupiah untuk 100 ayam. Artinya dari uang sebesar 2 hingga 3 juta seseorang sudah dapat membuka sebuah bisnis peternakan ayam dalam jumlah skala yang kecil. Setelah 4 -5 minggu Ternak Ayam yang anda bangun sudah bisa menghasilkan ayam untuk dijual ketika berat mereka sudah berkisar 1,5 – 2 KG.

 

Memiliki masa pengembalian modal yang cepat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paling cepat ayam anda bisa menghasilkan uang dalam waktu 4 – 5 minggu saja. Dalam waktu 4 – 5 minggu anda sudah mulai bisa menjual ayam anda. Oleh karena itu pengembalian uang modal anda juga akan terasa cepat.

Perbandingan antara pakan dan pertumbuhan yang besar

Salah satu keuntungan yang akan anda dapatkan ketika anda menggunakan ayam sebagai hewan ternak adalah minimnya pakan yang anda butuhkan. Ayam broiler atau ayam potong merupakan salah satu jenis ayam rekayasa yang memang di desain untuk menghasilkan otot dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang cepat. Bahkan dengan pemberian pakan yang minim. Hal ini merupakan salah satu hal yang menyebabkan kebutuhan pakan dalam usaha Ternak Ayam broiler akan lebih minim dari kebutuhan ternak ayam yang lainnya. Dengan kebutuhan pakan yang lebih rendah dan pertumbuhan ayam yang cepat, maka keuntungan akan lebih mudah dan lebih besar didapatkan.

Tidak bersifat musiman

Dengan melakukan ternak ayam broiler salah satu keuntungannya adalah uang tidak akan di dapatkan secara musiman. Tidak seperti unggas lain yang memiliki masa kawin, ayam bisa dikawinkan kapan saja sehingga bisa menghasilkan generasi berikutnya kapan saja sesuai dengan usia dari ayam tersebut. Hal ini menyebabkan Ternak Ayam broiler dapat memberikan keuntungan secara kontinyu dibandingkan dengan hewan ternak yang lainnya.

Membutuhkan lebih sedikit air

Satu lagi keuntungan yang anda dapatkan ketika melakukan Ternak Ayam adalah kebutuhan airnya yang lebih minim. Selain membutuhkan lebih sedikit pakan untuk bisa berkembang lebih efektif, ayam broiler juga merupakan jenis ayam yang membutuhkan lebih sedikit air untuk dikonsumsi. Satu liter air cukup untuk konsumsi 5 ekor ayam untuk setiap harinya. Sangat hemat bukan? Selain kebutuhan air konsumsi yang lebih minim, ayam broiler juga membutuhkan lebih sedikit air untuk masalah kebersihan kandang.

Dapat memproduksi telur yang berkualitas

Selain memproduksi daging, Ternak Ayam juga dapat digunakan sebagai tempat untuk produksi telur ayam. Telur yang dihasilkan dari peternakan ayam ini juga lebih berkualitas dan mengandung protein yang tinggi serta asam amino yang baik untuk menjaga kesehatan dari kolesterol. Hal ini menyebabkan anda bisa mendapatkan keuntungan dari ternak ayam potong yang berlipat-lipat dari kegiatan beternak yang anda lakukan.