,

Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Startup Sukses di Indonesia

faktor sukses startup di indonesia

Kepulauan terbesar di dunia adalah rumah bagi kelas menengah yang sedang tumbuh apalagi jika dibarengi dengan ponsel terjangkau dengan pengguna internet aktif. Hal tersebut bisa menjadi komponen penting yang dibutuhkan untuk berkontribusi pada kesuksesan perusahaan startup.

Namun, ini adalah pasar yang kompetitif dan untuk berkembang tidaklah sederhana. Oleh karena itu, startup di Indonesia perlu memiliki hal-hal yang diperlukan untuk menjadi sukses di negara di mana potensi dan peluangnya sudah secara praktis menampakkan diri.

Tidak Mengenal Takut

Untuk memulai startup Anda, Anda harus dapat mendaftarkan lingkungan sekitar Anda. Ini berarti, kenali saingan Anda dan coba raih apa yang hilang dari orang lain. Lalu, manfaatkan peluang pasar tersebut. Startup yang sukses adalah yang tahu bagaimana dan kapan harus menyeimbangkan antara street smart dan book smart.

Fokus

Membagi perhatian Anda pada beberapa hal yang berbeda sekaligus tidak akan bermanfaat bagi Anda dan perusahaan Anda karena biasanya pekerjaan tidak selesai 100%. Itulah sebabnya, pemberian perhatian yang tidak terbagi adalah pemberian yang datang dengan efek riak dari hasil yang baik. Ketika Anda meninggalkan kesibukan dan mulai berfokus pada apa yang benar-benar penting, kesuksesan tidak lagi menjadi probabilitas tetapi menjadi kenyataan.

Baca Juga : Sisi Positif dan Negatif Startup di Indonesia

Pengalaman pelanggan

Anda tahu pepatah populer: pelanggan selalu benar. Betul sekali! Salah satu kunci sukses sebuah startup, tidak kalah pentingnya dengan startup Indonesia yang sukses, adalah dedikasi yang tidak pernah padam terhadap customer experience. Pelanggan akan selalu mengembalikan apa yang Anda berikan kepada mereka. Jika Anda sangat setia kepada pelanggan, mereka akan membalas kasih sayang yang sama.

Berkomitmen untuk pengembangan

Ya, startup bisa menjadi pekerjaan yang berat tetapi begitu Anda tidak lagi bersikap positif, semuanya akan menurun dari sana. Di pasar yang terus berkembang dengan tantangan dan persaingan, pemilik bisnis startup harus terus bergerak maju. Meski demikian, Anda tidak boleh lupa untuk selalu siap menyesuaikan dan beradaptasi dengan cepat.

Tim hebat

Ini sangat penting dalam perusahaan pemula. Memiliki tim yang hebat di mana setiap orang 100% mengabdi dan tahu apa yang harus dilakukan memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perusahaan Anda. Kepemimpinan yang luar biasa harus dipasangkan dengan tim pekerja keras yang terampil yang berbagi pemahaman dan nilai-nilai mereka.

Bersama dengan perencanaan strategis, banyak perusahaan rintisan yang yakin dapat berkembang dengan cepat. Ditambah lagi, banyak sekali para pemodal ventura yang fokus pada startup Indonesia.

Baca Juga : Peran Modal Ventura Untuk UKM