,

Jangan Dianggap Remeh! Berikut Ulasan Tentang Jantung Koroner yang Harus Anda Tahu!

Jantung koroner merupakan kondisi saat ada kerusakan pembuluh darah utama yang menjadi jalur pasokan darah, oksigen, dan nutrisi. Menurut WHO, gangguan ini menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Tidak heran jika penanganannya di rumah sakit jantung sangat dibutuhkan. Berikut ulasan lengkap tentang jantung koroner yang perlu anda ketahui.

Gejala Jantung Koroner

Sebenarnya hampir semua jenis gangguan jantung memiliki gejala yang sama. Kondisi inilah yang mengakibatkan pemeriksaan lebih lanjut sangat diperlukan. Dokter tidak dapat mengetahui gangguan apa yang dialami oleh organ tersebut apabila tidak dilakukan pemeriksaan menyeluruh seperti EKG, CT scan, dan lain sebagainya.

Lantas apa yang menjadi gejala umum penyakit jantung? Beberapa diantaranya adalah nyeri dada, keringat dingin, mual, muntah, mudah lelah, dan detak jantung yang tidak beraturan. Kondisi nyeri yang dirasakan bahkan bisa sampai ke bagian leher, rahang, bahu, punggung, dan sisi kiri perut. Kondisi inilah yang sebenarnya menjadi penanda utama yang harus diperhatikan.

Penyebab Jantung Koroner

Jantung koroner dapat dipicu oleh banyak hal. Menurut beberapa penelitian, penyebab utamanya adalah tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan obesitas. Saking banyaknya faktor tersebut, anda harus rutin periksa ke rumah sakit jantung. Perlu anda ketahui pula bahwa penyakit tersebut juga dapat terjadi akibat peradangan arteri.

Apabila kondisi arterinya rusak, plak akan lebih mudah menempel sehingga lambat laun akan semakin tebal. Penyempitan pembuluh darah semacam ini sangat berbahaya karena dapat menghambat aliran darah kaya oksigen ke jantung. Lama kelamaan plak tersebut bisa pecah dan menyebabkan trombosit menempel dan membentuk gumpalan darah.

Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan pemblokiran arteri yang berujung pada angina. Sayangnya, angina ini kerap kali disalah pahami sebagai naiknya asam lambung oleh penderitanya. Padahal kondisi ini sangat berbahaya dan perlu penanganan dengan segera oleh tim medis di rumah sakit.

Pengobatan Jantung Koroner

Apabila dokter menilai anda memiliki penyakit jantung koroner, maka mereka akan memberikan beberapa langkah pengobatan. Patinya saat pulang, anda akan diminta untuk menebus beberapa obat seperti statin, niacin, fibrat, aspirin, beta blockers, dan nitrogliserin. Obat obatan itu akan diresepkan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Selain obat, pihak rumah sakit jantung juga bisa memberikan tindakan lanjutan seperti operasi. Langkah tersebut diambil semata mata untuk menjaga kondisi kesehatan jantung pasien. Prosedur yang dilakukan biasanya berupa pemasangan stent untuk memperlebar arteri koroner yang menyempit.

Penjelasan yang telah diberikan tadi diharapkan dapat menambah pengetahuan anda tentang jantung koroner. Dengan begitu, anda bisa lebih waspada dan mengerti bagaimana langkah lanjutan jika anda mengalaminya. Agar terhindar dari penyakit ini, anda harus menjaga pola hidup sehat dan rutin memeriksakan kesehatan jantung.

Heartology adalah salah satu rumah sakit jantung di Jakarta yang memiliki tim dokter spesialis jantung berpengalaman dengan fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan pasien jantung. Cek website Heartology untuk mengetahui lebih lengkap apa saja layanan dan fasilitas yang ditawarkan : heartology.id