,

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Bypass Jantung

operasi bypass

Keberhasilan tindakan operasi bypass jantung nyatanya juga perlu diimbangi dengan tindakan perawatan yang tepat pasca operasi bypass jantung. Sebagai salah satu operasi besar, tindakan ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan dan mencegah risiko komplikasi yang dapat terjadi. Lantas, tindakan apa saja yang perlu diperhatikan? Informasi lengkapnya, cek ulasan berikut.

Perawatan Terbaik Pasca Operasi Jantung

  1. Perbanyak Istirahat

Pemulihan pasca operasi jantung biasanya umum terjadi dalam kurun waktu 6-8 minggu. Namun pemulihan kondisi tersebut nyatanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, tergantung pada kondisi setiap pasien. Mengetahui kondisi tersebut, istirahat adalah cara yang tepat untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan baik.

Anda sangat disarankan untuk tidur dengan nyenyak agar tubuh cepat membaik. Bagi anda yang merasakan efek sulit tidur pasca operasi karena rasa sakit di area sayatan, dokter biasanya akan memberikan obat tertentu yang perlu dikonsumsi sekitar 30 menit sebelum tidur. Tentu saja, membaca buku, mendengarkan musik atau menghindari minuman berkafein juga perlu dilakukan.

  1. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Operasi bypass jantung yang telah dilakukan oleh beberapa orang biasanya menimbulkan kondisi nafsu makan menurun. Hal ini tentu sangat berisiko apabila dituruti karena pola makan yang tidak sehat dapat menimbulkan serangan jantung. Parahnya, beberapa komplikasi berbahaya dapat terjadi setelah melakukan tindakan operasi yang satu ini.

Mengetahui kondisi tersebut, alangkah baiknya jika anda mencoba memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat, yaitu jenis makanan yang rendah lemak dan garam. Beberapa jenis makanan tersebut misalnya jenis sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, daging rendah lemak dan lainnya. Lazimnya, cara ini dapat anda lakukan dengan makan dalam porsi sedikit dan sering.

  1. Tidak Bekerja Terlalu Berat

Meskipun sebagian orang ada yang sudah pulih setelah 6-8 minggu, operasi bypass jantung memerlukan waktu sekitar 2-3 bulan agar pasien dapat bekerja kembali. Hal ini tidak bisa langsung dilakukan sepenuhnya karena setiap orang yang sudah melakukan jenis operasi yang satu ini tidak disarankan untuk bekerja yang membutuhkan banyak aktivitas fisik.

Beberapa jenis aktivitas fisik yang perlu dihindari tersebut meliputi kegiatan menarik, mengangkat dan mendorong benda dengan beban berat. Hal ini karena tulang dada yang disatukan kembali menggunakan kawat khusus secara permanen tidak seperti kondisi semula. Kegiatan berat yang terlalu dipaksakan bahkan hanya akan menimbulkan rasa sakit dan menghambat penyembuhan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, alangkah baiknya jika anda selalu berkonsultasi dengan dokter terkait perawatan terbaik pasca operasi. Melakukan aktivitas ringan seperti kegiatan berjalan santai, memasak, mencuci piring dan lainnya bisa dilakukan secara perlahan untuk mengisi waktu terbaik anda,

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan operasi jantung. Kondisi ini wajib diperhatikan oleh siapa saja.

Baca Juga : Ini Dia Ulasan Mengenai Jantung Koroner yang Harus Anda Tahu