,

Inilah 5 Gejala DBD Ringan yang Perlu Diketahui

gejala dbd ringan

Penyakit demam berdarah dengue atau yang lebih familiar dengan istilah penyakit DBD merupakan salah satu penyakit pembunuh paling berbahaya di dunia. Terutama pada negara yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Jumlah kematian yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti ini menunjukkan angka yang cukup fantastis. Hingga awal tahun 2019 ini, jumlah pasien sakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti ini mencapai total 13.683 orang di seluruh Indonesia. Sementara jumlah kematian akibat penyakit demam berdarah dengue adalah sebanyak 133 orang.

Jumlah terbanyak berdasarkan data yang dihimpun terdapat pada daerah Jawa bagian timur sebanyak 47 kematian. Kemudian disusul oleh Nusa Tenggara Timur sebanyak 14 kematian dan Sulawesi Utara sebanyak 13 kematian. Dengan catatan jumlah kematian tersebut, maka Anda juga harus waspada terhadap persebaran penyakit demam berdarah ini. Semakin dini Anda mampu mendeteksi gejala DBD ringan, maka semakin cepat pula penanganannya. Untuk itu Anda perlu mengenali gejala DBD ringan agar Anda dapat dengan cepat mengambil tindakan.

Demam Tinggi Secara Tiba-Tiba

Ini dia gejala DBD ringan yang paling sering dialami. Pada umumnya korban yang masih baru terjangkiti virus demam berdarah dengue akan mengalami demam tinggi secara mendadak. Bahkan demam tersebut bisa mencapai derajat ke 40. Demam tersebut biasanya naik turun. Seringkali demam tersebut hanya terjadi pada malam hari saja. Jika sudah begini, Anda sudah perlu wasapada.

Merasakan Nyeri Pada Otot

Mengalami nyeri pada otot ketika sudah terinfeksi oleh gigitan nyamuk aedes segypti juga merupakan salah satu tanda bahwa Anda mengalami gejala DBD ringan. Alasan mengapa Anda bisa merasakan nyeri pada otot adalah karena virus tersebut tengah menjangkiti otot Anda.

Merasakan Sakit Kepala

Sakit kepala yang dirasakan pada korban yang terjangkiti virus DBD mirip seperti sakit kepala yang dialami oleh penderita darah tinggi maupun darah rendah. Namun, sakit kepala yang dirasakan oleh korban virus DBD jauh lebih berat. Saking sakitnya, tidak sedikit korban sampai dibuat menangis.

Mengalami Mual

Salah satu gejala DBD ringan lainnya adalah mengalami rasa mual. Meski gejala ini tidak melulu dirasakan oleh setiap orang, akan tetapi ini juga termasuk ke dalam gejala penyakit DBD ringan. Oleh karena itu, Anda harus mengenalinya.

Cepat Lelah

Fisik seorang pasien penderita DBD akan cepat merasa lelah. Hal itu disebabkan karena kekurangan cairan tubuh. Pasien akan merasa cepat lelah meski hanya sedikit beraktifitas. Oleh karena itu banyak pasien DBD dianjurkan untuk tidak banyak melakukan banyak aktifitas.

Itulah gejala DBD ringan yang perlu Anda ketahui. Akan tetapi, baik ringan maupun berat, penyakit DBD tetap perlu perawatan yang intensif. Jangan sampai Anda menyepelekan penyakit berbahaya ini.

Baca Juga : Tips Pencegahan Gejala Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published.