,

Ingin Membordir dengan Mesin Jahit Bordir Multifungsi? Lakukan 5 Persiapan Ini!

mesin jahit bordir

Kegiatan yang dilakukan di industri konveksi adalah menjahit dan membordir. Menjahit adalah kegiatan membuat pola, memotong kain seperti pola, kemudian menjahitnya dengan menggunakan mesin. Sedangkan membordir adalah memberikan hiasan pada pakaian yang telah dijahit membentuk pola tertentu. Bordiran ini akan membuat pakaian menjadi lebih cantik dan tentunya terlihat lebih eksklusif sehingga tidak mengherankan jika harga pakaian yang ada bordirannya ini jauh lebih mahal.

Semakin luas area bordirannya maka semakin mahal harganya. Bordir sendiri dibedakan menjadi dua yaitu bordir tempel atau membordir di pakaiannya secara langsung menggunakan mesin. Untuk awetnya membordir di pakaiannya secara langsung lebih awet dibandingkan yang ditempelkan. Oleh sebab itulah membordir di pakaian secara langsung masih dilakukan sampai saat ini.

 

Persiapan Jahit Bordir Pakaian

Untuk menjahit bordir pakaian secara manual ini bisa menggunakan mesin jahit yang multifungsi karena mesin jahit biasa tidak akan bisa melakukannya. Berikut ini beberapa persiapan membordir pakaian dengan menggunakan mesin jahit bordir multifungsi yang bisa Anda lakukan:

  1. Turunkan sepatu mesin jahit

Sepatu yang melekat pada mesin jahit harus dilepaskan supaya tidak mengganggu pergerakan kain yang akan dibordir dan tidak mengganggu pandangan saat membordir. Untuk melepasnya silahkan putar ke bagian kiri baut yang menjadi pemegang dari sepatu mesin tersebut sampai terlepas.

  1. Atur jarak jahitan

Cara selanjutnya atur jarak jahitan di posisi nol supaya pakaian yang akan di bordir tersebut tidak maju dan mundur. Setiap mesin jahit multifungsi ini memiliki tombol pengatur jarak jahitan namun letaknya berbeda-beda tergantung dengan merek dan tipe mesin.

  1. Turunkan gigi penggerak kain

Yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menurunkan gigi penggerak kain. Tujuan gigi penggerak kain ini diturunkan ini supaya saat membordir pakaian tidak terkena sundulan-sundulan gigi penggerak yang ada di bawah kain tersebut.

  1. Atur ketegangan benang

Benang jangan terlalu tegang untuk menghindari benang putus yang mana bisa menyebabkan hasil bordiran kurang bagus. Benang yang terlalu tegang juga akan membuat hasil bordiran menjadi berkerut-kerut. Anda bisa memutar pengatur ketegangan di bagian atas mesin supaya benang lebih kendur.

  1. Perhatikan jarum dan benang

Ukuran jarum yang tepat untuk membordir adalah 9 atau 11. Sedangkan untuk membordir harus benang yang beraneka warna dan lebih halus dibandingkan dengan benang biasa.

Supaya hasil membordir dengan mesin jahit bordir multifungsi sempurna, lakukanlah beberapa persiapan yang sudah dijelaskan di atas dengan benar, dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

baca juga : Cara Kerja Mesin Jahit Border