,

Mengenal 4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Jantung Anak

kesehatan jantung anak

 

Penyakit jantung dapat menyerang anak anak bukan hanya orang dewasa. Tanda awal penyakit jantung pada anak adalah sesak napas, kulit terlihat pucat, dan berkurangnya nafsu makan. Maka dari itu, orang tua wajib untuk memantau kesehatan jantung anak dan berikut beberapa penyakit yang menyerang jantung anak-anak.

4 Penyakit Jantung Anak yang Perlu Anda Waspadai

  1. Murmur Jantung

Murmur jantung adalah suara bunyi yang abnormal seperti desiran halus pada jantung yang akan terdengar jelas melalui stetoskop. Selain suara desiran, kondisi ini juga membuat jantung berdegup cepat dan kencang. Hal tersebut karena katup jantung yang tidak tertutup sempurna sehingga aliran darah dari jantung ke pembuluh darah mengalir tidak sempurna.

  1. Aritmia

Aritmia merupakan gangguan irama pada jantung anak yang berdetak terlalu cepat atau berdetak terlalu lambat. Pada umumnya, terdapat empat jenis aritmia yang dapat terjadi pada anak anak, yaitu aritmia supraventrikular, aritmia ventikular, bradikardia, dan detak jantung prematur.

Aritmia supraventrikular adalah masalah yang terjadi pada atrium (serambi jantung) sedangkan aritmia ventikular pada bagian bilik bawah. Meski kedua konsidi tersebut berasal dari dua bagian jantung yang berbeda namun keduanya mengakibatkan jantung berdenyut cepat.

Selanjutnya aritmia yang dapat menyerang kesehatan jantung anak anda adalah aritmia jenis bradikardia yang menyebabkan denyut jantung sangat lemah. Dan jenis aritmia yang terakhir adalah detak jantung prematur. Kondisi ini ditandai dengan adanya jeda pada irama jantung yang kemudian diikuti dengan denyut jantung yang lebih cepat atau kencang.

  1. Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan kondisi pembuluh darah arteri yang cedera atau rusak karena mengalami penyumbatan yang disebabkan oleh penumpukan plak kolesterol dan lemak. Anak anak yang mengalami kegemukan atau obesitas sangat rentan pada penyakit yang satu ini. Oleh sebab itu, orang tua harus mengajarkan pola makan yang sehat dan teratur.

  1. Penyakit Jantung Kongenital

Penyakit jantung kongenital adalah kondisi abnormal pada jantung yang berkembang sebelum kelahiran (saat masih dalam kandungan). Penyakit jantung ini adalah penyakit jantung bawaan yang paling umum terjadi. Cacat lahir ini disebabkan oleh adanya sumbatan pada katup jantung dan lubang pada sekat jantung yang mengakibatkan kebocoran jantung.

Penyakit yang dapat menyerang kesehatan jantung anak adalah hal penting yang harus diketahui orang tua. Penyakit jantung kongenital umumnya tidak memerlukan penanganan medis namun jika kondisinya sudah serius sebaiknya segera mencari pertolongan medis. Obat hingga transplantasi jantung adalah cara penanganannya.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dipahami bahwa ternyata terdapat banyak penyakit yang dapat menyerang jantung anak anda. Sebagai orang tua, anda lebih baik memastikan sejak dini kondisi jantung anak anda di klinik heartology karena penyakit seperti murmur jantung, aritmia, aterosklerosis, dan penyakit kongenital membutuhkan diagnosis dokter spesialis.

Baca Juga : 4 Macam Operasi Jantung Yang Perlu Anda Tahu