, ,

4 Cara Perawatan Cartridge Inkjet Printer Warna yang Benar

inkjet printer

Inkjet printer warna harus sering di isi ulang. Printer ini banyak digunakan oleh instansi maupun masyarakat yang ingin mencetak dokumen secara pribadi. Meski saat ini berbagai macam jenis printer bermunculan namun printer inkjet ini tidak akan lekang oleh zaman. Salah satu alasannya adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis printer yang lainnya. Bahkan untuk pencetakan yang tidak terlalu sering printer ini masih bisa berfungsi dengan baik. Namun jika frekuensi mencetaknya lebih sering maka printer ini tidak disarankan karena Anda akan direpotkan dengan pengisian tinta pada cartridge yang berulang-ulang.

Kerusakan cartridge menyebabkan hasil cetakan kurang sempurna dan akan sering dialami oleh printer inkjet karena proses bongkar pasang saat penggantian tinta. Berikut ini ada beberapa cara merawat cartridge pada Inkjet printer warna supaya berumur panjang yang penting untuk Anda ketahui:

 

Mencetak Berkala

Untuk membuat cartridge pada inkjet printer warna awet sebaiknya melakukan pencetakan secara berkala. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika printer inkjet ini memiliki kecepatan cetak yang rendah. Oleh sebab itu dalam satu waktu hindari mencetak dokumen dengan jumlah yang banyak. Kemudian ketika batas print sudah terlampaui, segera reset print ke awal lagi. Jika terpaksanya hari itu juga dokumen harus dicetak dalam jumlah yang banyak berikanlah jeda waktu. Untuk print hitam kurang lebih 3 menit, sedangkan print warna kurang lebih 5 menit jika sudah mencetak maksimal 15 lembar dokumen

Hindari Tinta Habis Baru Di Isi

Cara merawat cartridge printer yang bisa dilakukan adalah hindari membiarkannya dalam kondisi kosong. Terlalu lama membiarkannya kosong akan membuat cartridge tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya karena sisa tinta yang mengering.

Gunakan Printer Secara Rutin

Printer yang tidak sering digunakan akan menyebabkan cartridge menjadi rusak. Oleh sebab itu usahakan setiap hari printer dihidupkan dan cobalah untuk mencetak satu lembar kertas per harinya supaya tinta di dalam cartridge tidak mengering dan mesin printer jadi awet.

Mematikan Printer dengan Benar

Untuk merawat cartridge awet penting untuk tahu bagaimana cara mematikan printer dengan benar.  Jika Anda masih ingin mencetak biarkanlah printer dalam keadaan hidup jangan asal menghidupkan kemudian mematikan printer secara berulang-ulang karena hal ini akan merusak cartridge pada printer.

Demikianlah beberapa cara merawat cartridge pada inkjet printer warna yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.