,

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menjalani Operasi Bypass Jantung

Jika anda memiliki keluhan dan masalah pada jantung akibat penyempitan pembuluh darah, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi bypass jantung. Namun, sebelum anda melakukan operasi jenis satu ini, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu untuk dipersiapkan dalam menjalani operasi jenis satu ini. berikut simak ulasannya.

Persiapan yang Perlu Anda Lakukan

Sebelum menjalankan operasi satu ini, biasanya anda pun akan diminta untuk  berkonsultasi terlebih dahulu selama beberapa kali dengan dokter ahli jantung. Hal ini dikarenakan untuk mengetahui apakah anda memang bisa melakukan operasi satu ini atau belum. Selain berkonsultasi, biasanya pasien juga akan disuruh untuk melakukan serangkaian tes kesehatan.

Adapun tujuan dari diadakannya tes ini akan untuk melakukan pemeriksaan pada sistem kardiovaskuler. Namun tidak hanya itu saja, kondisi dari paru paru dan juga denyut nadi anda pun juga akan diperiksa. Selain itu, dokter juga akan mengamati berbagai gejala penyakit jantung yang mungkin anda rasakan. Mulai dari seberapa sering, hingga berapa lama gejala tersebut berlangsung.

Baca Juga : Ulasan mengenai Jantung Koroner

Jenis Tes Kesehatan yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Operasi Bypass

Ketika anda ingin melakukan operasi bypass jantung, terdapat serangkaian tes kesehatan yang perlu dilakukan. diantaranya adalah tes elektrokardiografi atau yang disingkat dengan EKG. Adanya tes satu ini memiliki tujuan untuk mendeteksi adanya aktivitas kelistrikan yang terjadi pada jantung pasien.

Selain itu, pasien juga akan melakukan tes lain, salah satunya adalah tes stres. Adapun tes satu ini meliputi tes pencitraan, diantaranya seperti MRI dan juga PET scan pada jantung anda. Dengan melakukan tes satu ini akan bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi masalah pada jantung anda ketika sedang melakukan aktivitas.

Selanjutnya, anda juga akan perlu melakukan tes ekokardiografi. Untuk tes jenis satu ini memiliki tujuan yakni untuk memeriksa ukuran dan juga bentuk jantung. Selain itu, apabila anda melakukan tes satu ini akan mengetahui apakah terjadi aliran darah  yang buruk pada jantung.

Sebelum melakukan operasi bypass jantung, pasien nantinya juga akan melakukan angiografi koroner yang mana memiliki tujuan untuk mengetahui adanya area penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah. Tak hanya tes kesehatan saja, pasien juga diminta untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok. Bahkan pasien pun juga diharuskan untuk menaati peraturan makan dan minum rekomendasi dari dokter.

Itulah hal hal yang bisa anda lakukan sebelum menjalankan operasi bypass. Hal tersebut dikarenakan bagi anda yang ingin melakukan tindakan satu ini memang dibutuhkan persiapan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar nantinya selama melakukan tindakan operasi, tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Itulah mengapa penting melakukan berbagai rangkaian tes kesehatan ketika ingin melakukan prosedur satu ini.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Bypass Jantung