,

4 Tips SEO Riset Keyword Untuk Pembuatan Konten Blog

Tahukah Anda bahwa salah satu faktor yang membuat SEO (Search Engine Optimization) bekerja maksimal adalah Keyword atau kata kunci? Umumnya, pada penulisan artikel keyword berperan penting untuk menunjukkan jalan dan arah konten. Tak ayal, banyak tips SEO ala praktisi jasa SEO dalam riset keyword yang tidak bisa disepelekan. Berikut ini adalah yang harus Anda pahami.

Hal Yang Wajib Diperhatikan Dalam Riset Keyword

  1. Volume Pencarian

Banyak sekali situs yang memberi bantuan dalam melakukan riset kata kunci. Tapi dari sekian banyak informasi yang diberikan, ada baiknya Anda perhatikan volume pencarian atau volume banyaknya orang yang input kata tersebut. Dalam artian lain Anda akan mendapat statistik akan seberapa banyak orang mencari kata tersebut dalam kurun waktu tertentu.

Pada umumnya, beberapa mesin pencari atau riset keyword akan menampilkan jumlah pencarian kata dari Google. Durasinya pun sekitar satu bulan terakhir. Dalam hal ini, sudah jelas sekali bahwa semakin tinggi angka berarti semakin populer kata kunci tersebut. Pilihan tertinggilah yang hendaknya Anda gunakan.

  1. Saran Kata Kunci

Lantas bagaimana jika Anda tidak memiliki akses pada situs riset keyword (sebagian besar situs berbayar)? Jika demikian, tips SEO yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan suggestion keyword atau saran kata kunci di kolom pencarian Google. Ketika Anda mengetikkan kata di search bar, maka akan muncul rekomendasi lainnya.

Rekomendasi itulah yang bisa Anda gunakan sebagai keyword yang baik. Seperti contohnya Anda mengetik interior rumah. Sugesti yang muncul mungkin berupa interior rumah modern, ide interior rumah, interior rumah murah, dan lain lain. Umumnya, saran yang diberikan lebih panjang. Yang mana bisa digunakan sebagai long tail keyword.

Baca Juga : 3 Teknik SEO untuk Tingkatkan Trafik Website

  1. Tingkat Kesulitan

Indikator kata kunci yang perlu dicek adalah keyword difficulty, yang menjelaskan seberapa sulit kata tersebut untuk muncul di halaman utama pencarian. Indikasinya muncul dalam jumlah angka 0-100. Jika semakin tinggi akan semakin sulit. Beruntungnya beberapa situs riset kata kunci memberi perkiraan jumlah backlink yang dibutuhkan. Jadi semakin sulit semakin banyak backlinknya.

  1. SERP Search Engine Result Page

Tips SEO terakhir yang lebih mudah digunakan adalah berpegang pada hasil laman laman pencarian teratas. Cobalah untuk mencoba mencari keyword yang Anda rencanakan. Dari laman yang muncul, Anda bisa melihat seperti apa kualitas dari kata kunci tersebut. Semakin banyak hasil terkait serta semakin baik info yang diberikan, maka semakin baik keyword tersebut.

Jika diperhatikan dengan baik, kata kunci yang baik akan membantu peningkatan dan optimalisasi SEO. Terutama untuk konten website atau blog. Penggunaan keyword yang tepat akan membantu konten lebih mudah ditemukan. Bahkan, isi konten pun akan lebih terarah pada tema yang telah terkait dengan keyword. Alhasil SEO dan Traffic pun meningkat.

Baca Juga : Mengintip Layanan yang Diberikan Jasa SEO Profesional