,

Simak Tips Belajar Efektif Saat Buah Hati Mulai Sekolah Offline

Simak Tips Belajar Efektif Saat Buah Hati Mulai Sekolah Offline

Melihat kondisi pandemi covid-19 yang telah berangsur membaik, banyak sekolah yang sudah menerapkan belajar secara tatap muka (offline). Apakah si Kecil salah satunya, Bunda? Jika iya, maka ada beberapa tips belajar efektif yang perlu Ibu lakukan supaya si Kecil lebih fokus dan semangat saat belajar. Nah, berikut ini tips belajar efektif ketika mulai sekolah offline

Tips Belajar Efektif Sekolah Tatap Muka

1. Yakinkan si Kecil untuk mulai belajar offline

Munculnya pandemi covid-19 selama hampir 2 tahun, membuat sebagian besar anak terbiasa melakukan aktivitas di dalam rumah. Itu artinya, anak sangat jarang berinteraksi dengan orang-orang, terutama guru sertatemannya di sekolah.

Untuk menghindari si Kecil mengalami kekhawatiran berlebih ketika berinteraksi dengan banyak orang, maka Bunda perlu meyakinkannya terlebih dahulu. Yakinkan bahwa sekolah offline pasti lebih menyenangkan karena bisa bermain dengan teman-teman, dan bisa melakukan banyak aktivitas lainnya

Lihatlah kesiapan anak untuk mulai belajar offline dengan menemaninya ke sekolah. Cara ini termasuk ke dalam tips belajar efektif supaya si Kecil lebih mudah untuk mencerna pelajaran yang diterima dari gurunya sekolah.

2. Ciptakan suasana yang nyaman

Mungkin untuk suasana saat sekolah offline, Bunda tidak bisa mengatur sesuai dengan keinginan, tetapi Bunda juga bisa lho menciptakan tips belajar efektif dengan suasana yang nyaman di rumah. Seperti yang dijelaskan pada poin nomor 2, Bunda juga berperan sebagai guru si Kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Cara ini dapat dilakukan saat si Kecil belajar di rumah. Sebelum mulai belajar, ciptakanlah suasana senyaman mungkin Supaya si Kecil lebih semangat dan fokus saat kegiatan belajar dimulai. Tips belajar efektif ini dapat dilakukan dengan cara menyiapkan tempat belajar khusus untuk si Kecil, tidak perlu besar, Bunda cukup menyediakan meja lipat, alat tulis, serta peralatan sekolah lainnya

Bunda juga bisa mengajak anak belajar di ruangan lain, seperti di teras rumah, kamar, atau ruang makan supaya ia tidak bosan, serta pastikan ruangannya cukup nyaman untuk belajar.

3. Susun jadwal belajar secara rutin

Tips belajar efektif ini tidak hanya bermanfaat bagi anak, tetapi juga penting bagi Ibu untuk mengatur waktu yang lebih efisien. Bunda dapat menyusun jadwal belajar anak setiap hari supaya lebih bisa fokus untuk membagi waktu antara menemani anak belajar, mengerjakan pekerjaan rumah, dan yang lainnya. Tips belajar efektif ini akan bermanfaat untuk menyeimbangkan materi belajar yang di pelajari setiap hari.

Misalnya, Bunda menyusun jadwal belajar pada hari senin yang berfokus pada pelajaran bahasa dengan kegiatan bernyanyi, kemudian di hari selasa fokus belajar berhitung sambil bermain, dan seterusnya. Tips belajar efektif ini akan membuat si Kecil tidak belajar 1 materi yang itu-itu saja, tetapi bisa mengeksplorasi materi lainnya dengan cara menyenangkan.

Nah demikianlah tips belajar efektif sebelum anak kembali sekolah secara offline. Selain fokus menciptakan waktu belajar yang efektif, Bunda juga perlu memastikan bahwa sekolah yang di pilih sudah memiliki sistem pembelajaran yang efektif untuk perkembangan anak. Sekolah Murid Merdeka adalah pilihan yang tepat untuk anak kesayangan anda. Dengan SMM tentunya anak akan berkembang dengan baik