,

5 Bahan Makanan Untuk Kesehatan Jantung Anak Yang Mudah Diolah

kesehatan jantung anak

Kesehatan jantung anak merupakan salah satu prioritas untuk orangtua. Ya, salah satunya adalah menjaga asupan makanan yang dikonsumsi oleh anak. Terdapat beberapa bahan makanan yang bisa menjaga kesehatan jantung si kecil. Diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Kelompok ikan berlemak

Makanan untuk jantung pertama adalah ikan berlemak. Nah, tahukah anda apa-apa saja yang termasuk ke dalam kelompok ikan berlemak? Tentu saja ikan berlemak tersebut adalah salmon, tuna, sarden dan makarel penuh dengan asam lemak dari omega-3. Yang jelas kandungan inilah yang membuat ikan berlemak ini sebagai makanan yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung si kecil.

Jenis ikan tersebut akan memberikan manfaat dalam menurunkan tekanan darah, gula darah, menurunkan total kolesterol dan trigliserida darah. Namun, anak anda tidak suka mengkonsumsi ikan? Tenang, anda tidak perlu khawatir karena anda dapat memilih minyak ikan agar dapat memperoleh asam lemak omega-3.

 

Buah alpukat

Tidak hanya sebagai buah yang bisa mengenyangkan saja, tapi makanan untuk kesehatan jantung ini telah menjadi sumber dari lemak monounsaturated yang bagus, lho. Bahkan, terdapat bukti juga bahwa buah ini bisa efektif menurunkan kadar kolesterol hingga risiko dari penyakit jantung.

Selain itu, alpukat juga kaya akan nutrisi dan kalium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Nah, fakta menarik lainnya yaitu sebutir alpukat bisa memberikan 975 mg kalium (sekitar 28% dari jumlah yang diperlukan per harinya).

 

Sayuran hijau

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung anak berikutnya adalah sayuran hijau. Makanan ini mungkin tidak disukai oleh semua anak. Namun, orangtua bisa membiasakan hal tersebut dengan melakukan hal yang menyenangkan. Nah, sayuran yang berdaun hijau, seperti sawi, kale dan bayam sudah terkenal tinggi akan kandungan vitamin, antioksidan dan mineral. Manfaat mengonsumsi makanan untuk jantung sehat ini bagi tubuh memang sudah terkenal oleh banyak orang sejak lama.

Terlebih lagi sayuran hijau merupakan sumber vitamin K terbaik, yang membantu untuk melindungi pembuluh darah arteri hingga meningkatkan pembekuan darah. Tidak hanya itu saja, sayuran tersebut juga tinggi nitrat, yang sudah terbukti dapat mengurangi kekakuan arteri, mengurangi tekanan darah hingga meningkatkan fungsi sel yang memang melapisi pembuluh darah.

 

Kacang kenari 

Tahukah anda bahwa tidak hanya kelompok ikan berlemak saja yang memiliki kandungan asam lemak omega-3. Hal ini dikarenakan kacang kenari juga memiliki kandungan tersebut. Ya, kacang kenari bisa membantu mengurangi peradangan lho pada anak-anak, dan yang paling penting adalah dapat menjaga kesehatan jantung si kecil.

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan lebih jauh lagi mengenai daftar makanan untuk kesehatan jantung anak.

Anda bisa membawa anak Anda untuk pemeriksaan jantung ke klinik jantung seperti Heartology yang dapat menangani permasalahan jantung anak dan dewasa. Cek profil salah satu dokter jantung anak disini : https://heartology.id/radityo-prakoso-mdfiha-fapsic-fascc