,

4 Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Sofa Kain, Wajib Tahu!

Sofa berbahan kain menjadi salah satu sofa ruang tamu kecil yang paling banyak dipilih. Karena material kain tersebut dianggap sangat cocok untuk desain ruang tamu minimalis, dan cara membersihkannya terbilang sangat mudah. Untuk anda yang baru saja membeli furnitur ini, ketahui cara merawat sofa kain dengan tepat seperti berikut agar penggunaannya bisa awet dan tahan lama.

 

Perawatan Sofa Berbahan Kain

  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Untuk membersihkan sofa dari berbagai debu dan kotoran yang menempel, anda cukup memerlukan vacuum cleaner. Dengan penyedot debu, anda bisa sekaligus membersihkan semua debu pada sofa. Bahkan remahan sisa makanan yang jatuh di atas sofa juga bisa ikut tersedot ke dalam vacuum cleaner.

Gunakan penyedot debu sampai bagian sela sela sofa, karena bagian lipatan sofa biasanya menjadi tempat yang paling banyak menumpuk debu. Anda bisa menggunakan handheld untuk memudahkan pembersihan sofa. Selain itu, jangan lupa membersihkan pada bagian penyangga tangan yang ada di sisi kanan dan kiri. Sebab bagian tersebut biasanya juga sangat rawan kotor.

 

  1. Gunakan Tisu Basah

Sofa untuk ruang tamu kecil umumnya mempunyai ukuran yang cukup minimalis. Sehingga untuk membersihkannya anda bisa memanfaatkan tisu basah, tanpa harus menggunakan tisu dalam jumlah banyak. Penggunaan tisu basah dilakukan ketika anda tidak sengaja menumpahkan minuman ke atas sofa.

Tisu basah ini nantinya akan membantu noda minuman tidak tertinggal pada sofa. Tekstur tisu yang lembut tidak akan merusak permukaan sofa, sehingga aman untuk digunakan. Namun pastikan anda melakukan segera mungkin, sebab noda minuman yang sudah menempel lama umumnya akan sulit dibersihkan jika hanya dengan tisu basah saja.

 

  1. Menggunakan Alkohol

Apabila tumpahan minuman di atas sofa meninggalkan noda yang sulit dibersihkan menggunakan tisu basah, anda juga bisa memanfaatkan alkohol sebagai bahan pembantu. Selain itu, pemakaian alkohol ini juga bertujuan agar sofa bisa dengan cepat mengering setelah dibasahi dengan tisu basah.

Penggunaan alkohol sendiri cukup dengan menempatkan cairan tersebut ke dalam botol penyemprot. Kemudian semprotkan hanya ke arah bagian noda atau bagian yang basah pada sofa. Nantinya alkohol akan cepat menguap setelah disemprotkan, sehingga sofa kain pun tidak lagi basah.

 

  1. Memakai Air Sabun

Satu lagi cara lain yang bisa anda tempuh untuk membersihkan noda membandel pada sofa, yaitu dengan menggunakan air sabun. Karena sofa untuk ruang tamu kecil tidak terlalu besar, maka sabun yang digunakan jangan terlalu banyak. Gunakan secukupnya agar noda bisa hilang. Aplikasikan dengan sikat halus untuk membersihkan kotoran, dan lakukan secara perlahan dan hati hati.

Umumnya, perawatan terhadap sofa kain memang cukup Mudah. Namun awet tidaknya sofa juga sangat bergantung pada kualitas bahannya, sehingga anda sebaiknya memilih sofa dari Cellini. Di Cellini, anda bisa mendapatkan sofa dengan material kain maupun kulit yang menggunakan bahan nomor satu, sehingga masa pakai sofa bisa sampai bertahun tahun hingga puluhan tahun lamanya.