,

Ini Dia 4 Jenis Pinjaman Modal Usaha yang Perlu Anda Ketahui

4 Jenis Pinjaman Modal Usaha

pinjaman modal usaha

Pinjaman Modal Usaha – Keberadaan Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) sangat signifikan dalam membangun perekonomian negara. Oleh sebab itu, baik pemerintah dan perusahaan swasta sangat giat untuk memfasilitasi para pelaku UMKM dengan memberikan layanan pinjaman modal usaha. Jika Anda memiliki ide bisnis yang belum terealisasi, tidak ada salahnya jika mulai mempertimbangkan layanan keuangan tersebut. Tapi sebelumnya, Anda sebaiknya mengenal dulu beberapa jenis pinjaman yang disediakan berikut ini:

1. Kredit Modal Usaha

Yang pertama adalah kredit modal usaha untuk memulai bisnis Anda. Jenis pinjaman ini menawarkan nilai beragam, dari yang kecil hingga besar. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan modal bisnis. Sedangkan, untuk pengembaliannya, umumnya perusahaan layanan keuangan memberikan waktu 1 tahun cicilan dengan suku bunga sesuai kesepakatan. Cukup fleksibel, bukan?

2. Kredit Investasi

Anda juga bisa menjajal kredit investasi untuk membangun bisnis Anda. Berbeda dengan kredit modal usaha, layanan pinjaman akan mengcover biaya pendirian maupun ekspansi dari sebuah bisnis terkait pengadaan barang untuk rehabilitasi dan modernisasi. Kredit investasi juga tak kalah fleksibel dengan variasi angka yang ingin diinvestasikan serta masa pengembalian modal hingga maksimal 5 tahun.

Kebanyakan bank memberikan kredit investasi hanya 80% dari total modal yang dibutuhkan. Jadi, jika Anda menginginkan kredit investasi secara penuh, sebaiknya Anda melakukannya dengan perusahaan penyedia keuangan seperti CSUL Finance. Anda bisa mendapatkan layanan sewa guna forklift bersamaan dengan kredit investasi sehingga bisnis berjalan dengan efisien.

3. Kredit dengan Agunan

Berikutnya adalah kredit dengan agunan. Jenis pinjaman ini mewajibkan Anda untuk memberikan jaminan berupa aset berharga seperti BPKB, sertifikat tanah, emas, atau deposito. Kredit dengan agunan ini menawarkan suku bunga yang relatif lebih kecil serta durasi pengembalian yang lebih panjang. Oleh karena itu, kredit ini cocok untuk Anda yang membutuhkan modal cukup besar.

4. Kredit Tanpa Agunan

Berbanding terbalik dengan jenis pinjaman sebelumnya, kredit tanpa agunan bisa Anda pilih jika modal yang diperlukan tidak begitu banyak. Karena, suku bunga yang dikenakan cukup tinggi. Nilai lebihnya, tidak ada kewajiban untuk memberikan jaminan apapun. Jadi, Anda tidak perlu takut kehilangan aset berharga jika kedepannya ada kendala.

Itulah 4 jenis pinjaman modal usaha yang bisa menjadi solusi atas keterbatasan modal bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *