,

5 Pemeriksaan Medis Jantung Yang Perlu Diketahui

Penyakit yang dijuluki dengan silent killer ini memiliki seringkali dialami banyak orang tanpa diawali gejala. Namun beberapa di antaranya juga mengalami gejala atau tanda tanda gangguan pada jantung. Jika mengalami keluhan yang berkaitan dengan jantung, maka bisa segera mengunjungi dokter spesialis jantung. Ahli kardiologi akan melakukan berbagai pemeriksaan seperti berikut.

Prosedur Yang Akan Dilakukan Dokter Ketika Mengalami Sakit Jantung

  1. Prosedur Ekokardiografi

Meskipun sudah memahami jika harus berobat ke dokter ketika mengalami sakit jantung, penyakit ini tidak bisa disepelekan. Pasalnya, ada berbagai macam penyakit jantung dengan penyebab serta cara pengobatan yang cukup berbeda secara signifikan. Oleh karena itu, diperlukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut agar dokter dapat menentukan diagnosis tepat.

Pertama tama, dokter memang akan melakukan pemeriksaan fisik pada pasien. Kemudian ini akan dilanjutkan dengan pertanyaan mengenai riwayat penyakit dalam keluarga dan apa penyakit yang pernah diderita. Hasil penilaian tersebut akan menentukan serangkaian prosedur pemeriksaan jantung.

Salah satu pemeriksaan yang harus dilakukan yaitu ekokardiografi dengan menggunakan gelombang suara (USG) pada jantung. Tujuannya, pemeriksaan ini akan mengevaluasi kondisi otot beserta katup jantung pada penderitanya. Pemeriksaan ini akan dilakukan dokter spesialis jantung dengan menggerakkan transduser yang bisa dilihat dari gambar di monitor.

  1. Elektrokardiografi (EKG)

Pemeriksaan yang satu ini bertujuan untuk merekam sinyal kelistrikan pada jantung pasien.  Tujuannya yaitu mendeteksi adanya berbagai kelainan pada struktur jantung dan juga irama jantung. Prosedur ini akan dilakukan dengan cara menempelkan elektroda sebanyak 12 sampai dengan 15 ke tubuh pasien.

  1. Tilt Table Test

Apabila gejala yang dialami pasien sampai membuat pingsan, maka dokter akan melakukan prosedur tilt table test. Prosedur yang satu ini dilakukan dengan cara khusus, yaitu membaringkan pasien di meja. Kemudian, meja digerakkan secara horizontal dan vertikal. Prosedur ini dilakukan untuk mengidentifikasi apakah pasien pingsan akibat penyakit jantung atau kondisi lain.

Baca Juga : Berikut Ulasan Mengenai Jantung Koroner Yang Wajib Anda Tahu

  1. Kateterisasi jantung

Pemeriksaan kateterisasi dilakukan dengan cara memasukkan selang kecil (kateter) melewati pembuluh darah. Prosedur ini akan dilakukan pada pembuluh darah di paha atau lengan. Dokter akan mengarahkan kateter yang dimasukkan tadi sampai mengarah ke jantung dengan bantuan foto Rontgen.

  1. MRI Jantung

Prosedur MRI Jantung akan dianjurkan oleh dokter pada pasien yang mengalami gejala cukup intensif. Pasien akan dimasukkan ke dalam mesin MRI untuk melakukan pemeriksaan. Selama pemeriksaan, medan magnet di MRI tersebut akan menampilkan bagian dalam tubuh pasien secara menyeluruh. Nantinya, dokter spesialis jantung akan menganalisis untuk  jenis penyakitnya.

Agar mengetahui prosedur diagnosis penyakit jantung lebih jelas, anda dapat langsung mendiskusikannya dengan dokter spesialis yang ada di Heartology. Tanyakan dengan jelas mengenai prosedur pemeriksaan, baik itu sebelum prosedur, ketika pemeriksaan berlangsung, sampai setelah prosedur pemeriksaan. Bila perlu, tanyakan juga efek sampingnya.

Baca Juga : Yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Jantung