,

4 Macam Operasi Jantung yang Sering Dilakukan

operasi jantung

Operasi Bypass adalah salah satu prosedur untuk pengobatan penyakit jantung. Prosedur ini seringkali dipilih karena efek yang ditimbulkan lebih sedikit dengan tidak meninggalkan bekas luka terlau lebar. Namun ada beberapa prosedur penanganan penyakit jantung lainnya yang sering dilakukan dan patut anda ketahui. Berikut ulasannya.

4 Macam Operasi Jantung yang Sering Dilakukan

  1. Operasi Katup Jantung

Operasi jenis ini akan membantu memperbaiki atau bahkan mengganti katup jantung yang rusak. Katup jantung yang rusak akan membuat aliran darah yang akan masuk ke jantung menjadi tidak normal. Sehingga resiko penyakit jantung akan lebih tinggi bila hal ini tidak segera diatasi.

Sesuai hasil analisa dokter, bila katup jantung tersebut masih bisa digunakan maka akan dilakukan proses perbaikan saja , namun bila katup jantung sudah rusak maka akan dilakukan penggantian. Penggantian katup jantung ini biasanya akan menggunakan jenis katup jantung mekanis atau katup jantung hasil donor.

  1. Operasi Bypass Jantung

Operasi bypass jantung atau sering disebut dengan CABG adalah prosedur penanganan penyakit jantung dengan cara mencangkok pembuluh darah. Pembuluh darah yang mengalami masalah penyumbatan akan dicangkok dengan mengantinya dengan pembuluh darah yang masih baik dan dalam kondisi masih sehat.

Prosedur ini biasanya dilakukan untuk pasien penderita penyakit jantung koroner. Hasil cangkok pembuluh darah tersebut akan digunakan untuk menggantikan fungsi pembuluh darah sebelumnya. Sehingga efek penyakit jantung hinggs resiko stroke bisa dikurangi karena pasokan aliran darah sudah kembali normal.

  1. Ablasi Jantung

Prosedur operasi penyakit jantung selanjutnya adalah ablasi. Prosedur penanganan ini adalah untuk mengatasi aritmia atau gangguan denyut jantung. Prosedur ablasi dilakukan dengan cara membuat sayatan pada paha atau leher pasien kemudian memasang kateter di dalam pembuluh darah tersebut. Ujung kateter terdapat elektroda untuk mengurangi aritmia.

  1. Angioplasti Koroner

Angioplasti koroner atau PCI adalah salah satu prosedur operasi jantung yang akan membantu bila terjadi penyumbatan pembuluh darah. Penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah ini akan diatasi dengan cara menggembungkan atau membesarkan pembuluh darah menggunakan balon khusus.

Operasi jantung ini juga seringkali dikombinasikan dengan menempatkan tabung kawat kecil atau stent. Penempatan stent ini bertujuan untuk membuat pembuluh darah tetap terbuka dan mengganjalnya agar tidak cepat menyempit kembali. Walaupun tekniknya hampir mirip dengan Operasi bypass namun jenis operasi ini tidak disarankan untuk pasien jantung lemah.

Mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Hal ini juga berlaku untuk penyakit jantung. Penyakit jantung yang banyak menyerang manusia bisa dicegah dengan mengatur pola makan sehat dan menjaga hidup sehat. Selain itu, mengkonsultasikan kondisi jantung anda sejak dini juga bisa menjadi cara pencegahan yang baik.

Baca Juga : 4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Jantung Anak